Persipura vs Persebaya: Bukan Sekadar Laga Reuni

teknik persebaya
David da Silva usai mencetak gol kedua. Foto: Rayhan for EJ
Iklan

EJ – Persebaya Surabaya akan melakoni laga tandang melawan Persipura Jayapura dalam lanjutan pekan ke-28 Liga 1. Banyak yang menyebut laga ini sebagai laga reuni skuad Persebaya era 1997, pertemuan Jacksen F Tiago, Aji Santoso, Bejo Sugiantoro dan Uston Nawawi

Persebaya yang sedang dalam mood positif tak ingin pulang dengan tangan hampa pada laga malam nanti (24/11) di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Kalimantan Timur. Sementara Papua, berstatus tuan rumah ingin meraih kemenangan untuk bisa merangsek ke peringkat kedua menggeser Borneo FC.

Kedua tim sebenarnya tidak dalam kondisi yang baik-baik saja, Pelatih Persebaya kehilangan enam pemainnya. Mulai dari Osvaldo Haay dan Rachmat Irianto yang bergabung dengan Timnas U-22. Lalu Otavio Dutra, Aryn Williams, Novan Setya Sasongko, M Hidayat, Irfan Jaya yang masih cedera.

Sebagai opsi, Aji memboyong tiga skuad Persebaya U-20 yakni Koko Ari, M Kemaluddin, serta Zulfikat Ahmad, mereka bertiga tercatat sudah cukup lama ikut berlatih dengan skuad senior, tetapi belum mendapatkan kesempatan tampil.

Iklan
BACA:  Gengsi Aji

Serupa, Jacksen F Tiago kehilangan tujuh pemainnya, Israel Wamiawu, Ibrahim Conteh, M Tahir, Gunansar Mandowen, Boaz Solossa, Mahamadou Samassa dan Titus Bonai.

Meski pincang, spirit bertanding kedua tim nanti malam sangat besar apalagi masing-masing mempunyai misi yang dikejar. 

Persebaya tentu bakal tampil dengan permainan bola pendek memanfaatkan kecepatan kedua sayap yakni Elsa Basna dan Oktafianus Fernando untuk menusuk dan memberikan umpan kepada sang striker David da Silva, yang sedikit demi sedikit mulai menemukan formnya. Tentu trisula ini harus diwaspadai Jacksen. Terlebih Diogo Campos pemain dinamis ini dipastikan tampil, kreatifitas dan daya dobraknya ke pertahana juga bakal menjadi andalan.

Tidak pernah menang tiga laga terakhir, dan kesempatan naik ke peringkat kedua tentu menjadi motivasi lebih bagi punggawa Mutiara Hitam. Persipura juga mempunyai pemain-pemain cepat dan lincah yang bisa mengobrak-ngabrik pertahanan yang digalang Ruben Sanadi dkk, sebut saja pemain muda, Todd Ferre, tak hanya cepat, keberanian menusuk patut diwaspadai. Ditambah kekuatan lini tengah yang digalang Oh Inkyun menjadi kelebihan Persipura.

BACA:  Persebaya vs Persipura: Menanti Tiga Poin Perdana di GBT

Secara head to head pada tiga pertemuan terakhir, Persebaya baru sekali meraih kemenangan pada 2 Agustus 2019 lalu dengan skor, 1-0. Persipura pun sama, baru sekali menang pada 30 Oktober 2018 lalu, sementara sisanya beraahir seri 1-1. (msr)

Perkiraan Susunan Pemain:

Persipura (4-3-3): Dede Sulaiman, Yustinus Pae, Ricardo Salampessy, Andre Ribeiro, Yohanis Tjoe, Todd Ferre, Imanuel Wanggai, Oh Inkyun, Ronado Mesido, Ian Lois Kabes , Ronaldi Wanma.

Pelatih: Jacksen F Tiago

Persebaya (4-3-3): Miswar Saputra; M. Syaifuddin, Hansamu Yama, Ruben Karel Sanadi, Abu Rizal Maulana; Misbakus Solikin, Fandi Eko Utomo, Rendi Irwan; Elisa Yahya Basna, Diogo Campos, David Da Silva.

Pelatih: Aji Santoso

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display