Rapor Pemain Persebaya vs Persipura: Da Silva Curi Gol, Lini Belakang Cleansheet

rapor pemain persebaya
Foto: Adi for EJ
Iklan

EJ – Setelah pada laga sebelumnya mampu menang 3-2 atas PSM Makassar, kali ini giliran Persipura Jayapura menjadi korban selanjutnya setelah anak asuh Pelatih Jacksen F. Tiago kalah 0-1 menghadapi Bajol Ijo melalui gol menit akhir yang dilesakkan oleh David da Silva. Walaupun laga dilaksanakan tanpa adanya penonton di tribun penonton Stadion Aji Imbut, Tenggarong, tidak mengendurkan semangat anak asuh Pelatih Aji Santoso.

Rapor Pemain Persebaya Surabaya:

Miswar Saputra (6.5)
Miswar berhasil mengamankan gawangnya supaya tidak kebobolan pada laga tadi. Tetapi kiper asal Aceh tersebut melakukan blunder yang hampir saja dimanfaatkan pemain Persipura untuk mencetak gol. Tetapi Miswar segera mengamankan blunder yang dilakukan olehnya.

Syaifuddin (6.8)
Bermain sangat rapi dan berhasil melakukan beberapa clearance untuk mengamankan gawang Persebaya dari kebobolan. Duet Syaifuddin dan Hansamu mampu mematikan pergerakan Samassa di babak pertama, yang mengakibatkan Samassa harus diganti pada awal babak kedua.

Iklan

Hansamu Yama (6.8)
Tidak jauh berbeda dengan rekan duetnya, M. Syaifuddin. Hansamu bermain baik pada laga tersebut. Hansamu berkali-kali memenangkan duel udara melawan lini depan dari Persipura. Duet Syaifuddin-Hansamu bermain cukup rapi dan disiplin yang berbuah dengan cleansheet yang diperoleh Green Force.

Abu Rizal (6.7)
Setelah pada laga sebelumnya melawan PSM Makassar posisinya di bek kanan diisi oleh Novan Setya, kali ini Abu Rizal mendapat kepercayaan lagi oleh Pelatih Aji Santoso untuk mengisi posisi tersebut. Abu Rizal bermain cukup rapi dan sesekali membantu Campos di sisi kanan penyerangan Persebaya.

BACA:  Players To Watch: Todd Rivaldo Ferre dan David Da Silva

Ruben Sanadi (7.0)
Pemain yang berasal dari Papua tersebut berasa sudah hafal dengan permainan dari Persipura Jayapura. Selain pernah bermain di Persipura, Ruben juga sudah tahu betul seperti apa skuat yang dimiliki oleh Persipura seperti Boaz Salossa dan Ian Louis Kabes. Ruben juga tampil percaya diri setelah mampu dribbling melewati tiga pemain Persipura Jayapura.

Alwi Slamat (7.2)
Dijadikan pilihan utama oleh Pelatih Aji Santoso di lini tengah Persebaya bersamaan dengan Misbakus dan Fandi tak disia-siakan oleh Alwi. Alwi mampu menyumbang assist yang mampu dimanfaatkan oleh David da Silva untuk mencuri 3 poin dari Persipura.

Misbakus Solikin (6.7)
Absennya Aryn Williams membuat Misbakus Solikin memutar otak supaya bola bisa teralirkan dari belakang ke depan baik melalui bola atas maupun bola bawah ketika adanya Aryn. Namun permainan Misbakus dalam menciptakan peluang jarang terlihat. Terkadang juga umpan yang diberikan ke lini depan Persebaya sering berbuah offside.

Fandi Eko (6.2)
Permainan kurang bagus ditunjukkan oleh Fandi pada laga menghadapi Persipura sehingga dia harus digantikan oleh Rendi Irwan pada menit ke-57. Minimnya kreatifitas membuat tim pelatih harus menarik Fandi.

Elisa Basna (6.7)
Elisa Basna juga diberikan kesempatan oleh Pelatih Aji Santoso untuk bermain dari menit awal. Kecepatan dan dribbling dari Elisa cukup merepotkan lini pertahanan Persipura. Terlalu lama dalam membawa bola dan terlambatnya keputusan untuk mengumpan membuat Elisa Basna harus digantikan oleh Oktafianus Fernando di babak kedua.

BACA:  Awas! Jacksen Tiago Punya Rekor Moncer Ketika Berjumpa Persebaya

Diogo Campos (6.8)
Pemain berpaspor Brazil tersebut hampir saja memecah kebuntuan pada babak pertama andai saja lebih cepat dalam menendang bola, tetapi lamanya keputusan untuk menendang membuat bek Persipura mampu memblok tendangan dari Diogo. Diogo juga mempunyai peluang emas pada babak kedua tetapi sepakannya mampu dihalau oleh Dede Sulaiman.

David da Silva (7.3)
Setelah dua kali menyia-nyiakan umpan silang yang dikirimkan oleh Rendi Irwan. David da Silva pun mampu menuntaskan perjuangannya beserta rekan-rekan Green Force dengan mencetak gol penentu kemenangan pada menit 90+2. Sepakan kerasnya dengan memanfaatkan umpan dari Alwi Slamat tidak mampu dihalau oleh Dede Sulaiman.

Rendi Irwan (7.5)
Masuk sebagai pemain pemain pada menit ke-57 dengan menggantikan Fandi Eko cukup untuk menjadikan Rendi sebagai Man of The Match. Peran Rendi sebagai game-changer­ membuat permainan Persebaya menjadi lebih hidup setelah masuknya Rendi Irwan.

Oktafianus Fernando (6.9)
Bermain menggantikan Elisa Basna cukup merepotkan barisan pertahanan dari Persipura yang terlihat mulai kelelahan. Beberapa kali pergerakan Oktafianus harus dilanggar oleh pemain belakang Persipura. Kejelian Pelatih Aji Santoso memasukkan Rendi Irwan dan Oktafianus menghasilkan tiga poin yang berharga bagi Bajol Ijo. (mth)

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display