Rapor Pemain Persebaya vs Semen Padang: Da Silva Buang Peluang, Lini Belakang Kecolongan

Foto: EJ
Iklan

EJ – Rekor tanpa kekalahan Persebaya Surabaya dalam masa kepelatihan Pelatih Aji Santoso pada Liga 1 2019 terus berlanjut. Tetapi kali ini Persebaya gagal meraih hasil yang optimal, hanya dapat memetik satu angka kala menjamu Semen Padang yang dilaksanakan pada Kamis (28/11) di Stadion Batakan, Balikpapan. Gol dari Persebaya dicetak oleh Diogo Campos pada menit ke-10, keunggulan Bajul Ijo hanya bertahan 12 menit. Pada menit ke-22 Vanderley mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Skor 1-1 bertahan sampai peluit akhir dibunyikan.

Rapor Pemain Persebaya:

Miswar Saputra (7.0)
Walaupun kecolongan melalui gol dari Vanderley, tetapi Miswar tampil gemilang mengawal gawang Persebaya. Kiper asal Aceh tersebut melakukan dua kali save krusial, yang pertama melalui tendangan jarak jauh Karl Max dan juga menghalau menggunakan kaki tendangan jarak jauh Dedi.

Otavio Dutra (6.3)
Kembali menjadi pilihan utama Pelatih Aji Santoso di lini belakang Persebaya, Otavio Dutra melakukan salah satu kesalahan fatal yang berakibat gol dari Semen Padang tercipta. Dutra menjadi orang terakhir di depan Miswar, tetapi Dutra hanya terdiam melihat pergerakan dari Vanderley yang berakibat gol.

Iklan

Hansamu Yama (6.5)
Hansamu juga menjadi salah satu dari keempat pemain yang dilewati oleh Vanderley yang berujung terciptanya gol penyama kedudukan bagi Semen Padang. Hansamu memiliki peluang emas andai tendangannya memanfaatkan kemelut di depan gawang Teja tidak dihalau oleh salah satu pemain dari Semen Padang.

Novan Setya (6.5)
Kembali bermain setelah pada laga sebelumnya diganti oleh Abu Rizal, Novan bermain cukup baik dalam laga sore tadi (28/11). Beberapa kali umpan silang dikirimkan oleh Novan tapi gagal diselesaikan oleh David da Silva maupun Diogo Campos. Novan juga mencoba untuk membuang bola tendangan dari Vanderley, tetapi bola sudah melewati garis dan menjadi gol.

BACA:  Pemain Terbaik Persebaya vs Semen Padang: M. Alwi Slamat

Ruben Sanadi (6.6)
Hampir tidak tergantikan di pos bek kiri Green Force, Ruben bermain konsisten dari laga ke laga dengan merepotkan sisi kanan pertahanan lawan. Berkali-kali Ruben membantu serangan dan mengirimkan umpan ke daerah kotak pinalti tetapi gagal dikonversi menjadi gol oleh lini depan Persebaya.

Alwi Slamat (7.4)
Setelah pada laga sebelumnya menciptakan assist terhadap David da Silva, kali ini Alwi kembali membukukan assist kepada Diogo Campos pada menit ke-10. Umpan jauh dan cerdik Alwi dalam melihat pergerakan Diogo Campos mampu membuat Persebaya unggul terlebih dahulu. Alwi juga berkali-kali memotong umpan dari pemain Semen Padang.

Aryn Williams (6.6)
Peran Aryn yang jarang terlihat karena tertutup oleh penampilan gemilang Alwi. Walaupun jarang terlihat, Aryn hampir saja menyatatkan namanya di papan skor. Andai tendangan keras dari luar kotak pinalti tidak dihalau oleh Teja.

Fandi Eko (6.3)
Fandi kembali dipercaya menjadi pilihan utama di posisi gelandang serang Green Force. Fandi tampil lebih bagus pada laga melawan Semen Padang daripada laga sebelumnya melawan Persipura. Pada menit awal, Fandi mampu menusuk di sisi kanan pertahanan Semen Padang. Aksi cutbacknya hampir saja berbuah gol andai David da Silva menyelesaikan peluang tersebut.

Irfan Jaya (6.0)
Kembalinya Irfan di skuat Persebaya diharapkan mampu menyegarkan lini depan Green Force. Tetapi Irfan bermain kurang optimal, Irfan jarang terlihat pada laga sore tadi (28/11) sehingga dia harus digantikan oleh Misbakus pada pertengahan babak kedua.

BACA:  Sia-Siakan Banyak Peluang, Persebaya Harus Puas Satu Poin

Diogo Campos (6.7)
Diogo berhasil menambah pundi-pundi golnya kala menerima umpan gemilang dari M. Alwi Slamat pada awal babak pertama. Campos beberapa kali mendapatkan peluang emas yang bisa dikonversi menjadi gol. Tetapi hanya satu peluang yang mampu dimasukkan Campos di dalam gawang dari Teja Paku Alam.

David da Silva (6.0)
Setelah laga sebelumnya David da Silva menjadi pahlawan bagi Green Force melalui gol menit akhirnya. Kali ini pemain berpaspor Brasil menjadi pemain yang paling banyak membuang peluang. Performa yang kurang apik dari David membuat Persebaya gagal meraih poin sempurna.

Rendi Irwan (6.5)
Bermain menggantikan Fandi Eko pada menit ke-55, Rendi memberi angin segar bagi lini serang Persebaya. Rendi terlihat mobile dan diberi kebebasan oleh Pelatih Aji Santoso. Terkadang Rendi di sisi kanan maupun di sisi kiri penyerangan Persebaya. Tetapi masuknya Rendi gagal menolong Bajul Ijo untuk mengamankan poin penuh.

Misbakus Solikin (6.4)
Keluarnya Irfan Jaya digantikan dengan Misbakus sedikit mengubah formasi Persebaya. Alwi yang sebelumnya berposisi di gelandang bertahan harus mengisi pos yang ditinggalkan Irfan Jaya. Sedangkan Misbakus menempati posisi Alwi di gelandang bertahan. Masuknya Misbakus juga gagal untuk menambah gol dari Persebaya. Misbakus mendapatkan satu peluang melalui sepakan dari luar kotak pinalti setelah menerima umpan dari Rendi tetapi berhasil di blok oleh pemain bertahan Semen Padang. (mth)

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display