Max Harnecker, Bule Jerman Fans Persebaya

140
Max Harnecker
Max Harnecker.

EJ – Sudah setahun, Max Harnecker tinggal di Surabaya. Namun baru lawan Madura United, bule asal Jerman ini bisa menonton laga Persebaya. Sebuah pengalaman yang menurutnya luar biasa.

Saat ditemui di depan Gelora Bangkalan jelang kickoff, Senin (2/12), Max mengaku jika dirinya adalah fans Persebaya. Ia terlihat mengenakan jersey Persebaya. Ini adalah laga pertamanya di mana ia bisa menonton langsung Persebaya di stadion. Selama ini, Max hanya menyaksikan aksi Ruben Sanadi dkk melalui layar kaca.

“Ini adalah pertama kali saya nonton Persebaya. Karena tidak bisa menonton Persebaya di Surabaya, saya harus datang ke Madura,” ujar Max kepada EJ.

Di sela-sela berbincang-bincang dengan EJ, Max terlihat sibuk melayani permintaan suporter untuk berfoto bersama. Ia nampaknya sudah terbiasa diajak foto bersama. Max dengan sabar dan penuh senyum melayani permintaan tersebut.

“Dulu saat wisata di Borobudur, saya juga sering diajak foto bersama. Sudah biasa,” ucap Max.

Max merupakan penggemar sepak bola. Pria yang juga fans FC Nürnberg ini langsung mencari tim sepak bola saat ia memutuskan bekerja di Surabaya. Setelah browsing dan mencari artikel tentang sepak bola di Surabaya, ia menemukan klub bernama Persebaya. Sejak saat itulah ia menyukai Persebaya dan mengikuti berita-berita tentang klub ini. Saat ini, Max bekerja sebagai pengajar di salah satu lembaga pendidikan di Surabaya.

Max Harnecker.

Ia mengaku cukup tahu tentang Bonek. “Bonek itu fans Persebaya. Mereka cukup terkenal karena menciptakan atmosfer yang luar biasa di dalam stadion. Terkenal di Indonesia dan dunia,” kata Max. Selain Bonek, Max juga tahu beberapa pemain, istilah-istilah seperti “Green Force”, dan rivalitas Persebaya dengan Arema FC.

BACA:  Kemesraan Bonek-Persela Fans, Bukti Perdamaian Tak Sebatas Mimpi

Max mengatakan jika ia pernah tinggal di Korea Selatan dan sempat menonton pertandingan sepak bola. Namun ia mengatakan jika dibanding di Indonesia, atmosfer pertandingan di sana sangat membosankan. “Sepak bolanya bagus, namun fansnya cukup membosankan. Mereka hanya datang ke stadion, duduk dan minum bir,” katanya.

Max Harnecker dan Fajar.

Satu jam jelang pertandingan, Max pun masuk stadion. Ia ditemani koleganya dari Indonesia, Fajar. Pengalamannya menonton Persebaya untuk pertama kali berakhir dengan manis. Persebaya menang 3-2 setelah sempat tertinggal dari Madura United. “Laga yang sangat bagus. Hasil akhir yang luar biasa,” kata Max usai laga.

Sayang, Max tidak bisa menonton laga Persebaya lagi karena Bonek dilarang hadir di stadion hingga akhir musim. Green Force masih mempunyai tiga laga kandang dan satu laga tandang. Max dan Bonek lain hanya bisa menyaksikan laga Persebaya lewat layar televisi. (iwe)

Max Harnecker, Bule Jerman Fans Persebaya

Komentar Artikel