Rotasi, Kunci Persebaya Bermain Maksimal

Foto: Rayhan for EJ
Iklan

EJ – Aji Santoso kembali melakukan rotasi pemain cukup besar dalam laga melawan Arema FC, Kamis (12/12/2019). Sistem rotasi itu terbukti ampuh untuk memastikan para pemain Persebaya tampil dalam performa maksimal.

Tercatat Persebaya mengganti hingga 5 pemain jika dibandingkan dengan laga melawan  Bhayangkara FC pekan lalu (8/12/2019). Aji membangkucadangkan Mokhammad Syaifuddin, Muhammad Hidayat, Rendi Irwan serta tidak membawa Elisa Basna dan Novan Setya Sasongko ke Balikpapan.

Sebagai gantinya pelatih 49 tahun itu menurunkan Hansamu Yama dan Oktafianus Fernando yang baru saja pulih dari cedera. Kemudian ada juga nama Alwi Slamat, Abu Rizal Maulana dan Fandi Eko Utomo diturunkan sejak menit awal.

BACA:  Players To Watch: David Da Silva dan Makan Konate

Meski tak semua pemain yang dirotasi itu mampu tampil apik, Persebaya tetap berhasil meraih kemenangan telak 4-1 atas Arema FC di Stadion Batakan, Balikpapan.

Iklan

“Memang komposisi yang bermain hari ini berbeda dengan ketika kami menang lawan Bhayangkara. Ada Syaifuddin saya ganti Hansamu, Hidayat saya ganti Alwi,” kata Aji.

“Perhitungannya sangat simpel. Saya menghitung recovery pemain. Saya melihat kalau kami tidak rotasi pasti pemain akan kelelahan, pasti kami tidak akan bermain seperti tadi. Anak-anak hari ini begitu menikmati main bola satu dua sentuhan, karena memang pemain dalam kondisi fresh,” tambahnya.

BACA:  Pernah Jadi Legenda Arema, Aji Santoso: Jiwa Raga Saya Totalitas Buat Persebaya

Sejak melatih Persebaya awal November bulan lalu, Aji memang selalu melakukan rotasi pemain. Rata-rata selalu ada 4 sampai 5 pemain yang dirotasi di setiap pertandingan. 

Hasilnya pun terbukti ampuh. Persebaya mampu meraih 5 kali kemenangan 2 kali hasil imbang tanpa sekalipun kalah dalam 7 laga terakhir.

“Selalu saya sampaikan, saya ingin menghidupkan kompetisi yang sehat di dalam tim. Karena saya tidak tergantung 1-2 pemain. Saya mengganti hampir 5 pemain winning team, bukan tidak ada resiko tapi saya berpikir bahwa pemain-pemain yang saya siapkan lawan Arema kondisinya lebih bugar. Itu pertimbangan saya,” tandasnya. (riz)

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display