Legenda Persebaya Mustaqim Puji Capaian Persebaya, Berharap 80 Persen Pemain Dipertahankan

408
Mustaqim (kiri) saat masih bersama Persija. Foto: Joko Kristiono/EJ

EJ – Legenda Persebaya Surabaya era pertengahan 1980-an, Mustaqim, memuji performa Persebaya di akhir musim Liga 1 2019 yang berhasil finis di papan atas. Mustaqim yang pernah membawa Persebaya juara era Perserikatan 1987-1988. Mengatakan capaian Persebaya yang mampu finis di papan atas musim ini berkat kemampuan Aji Santoso dalam menangani Persebaya secara taktik maupun motivasi pemain. Persebaya yang sebelumnya harus berjuang menjauh dari papan bawah. Kini nyaman berada di tiga besar atau bahkan capaian yang lebih baik dibanding musim lalu finis di peringkat kelima Liga 1 2018. Dan berikut wawancara tim EJ bersama Mustaqim terkait performa Persebaya di Liga 1 2019.

EJ: Bagaimana abah Mustaqim, menyoroti Persebaya bersama Aji santoso yang mampu finis di papan atas Liga 1 2019?

Mustaqim: Jelas prestasi yang luar biasa, sebelum coach Aji masuk. Persebaya masih berada di papan tengah Liga 1. Setelah coach Aji masuk rupanya chemistry dengan pemain sudah terlihat. Artinya kepercayaan diri pemain mulai meningkat. Dan mereka cocok dengan taktik maupun strategi dari pelatih.

Bagaimana dengan performa pemain di tangan coach Aji Santoso?

Performa pemain mulai meningkat. Terutama yang sangat menonjol David Da Silva yang mampu mencetak 14 gol dari 17 pertandingan. 11 gol di masa kepelatihan Aji Santoso. Para pemain sangat menikmati di mana mental pemain dari hari ke hari meningkat.

Melihat Performa David da Silva, bisa dibilang ia pemain kunci Persebaya di putaran kedua ini?

Sangat Menonjol menjadi key player. Begini, dalam sebuah tim ketika ada pemain yang dapat diandalkan di depan. Mental pemain yang di belakang dan di tengah lebih nyaman karena ada pemain yang mampu memberikan kemenangan dalam sebuah pertandingan. Dan itu terbentuk ketika coach Aji Santoso masuk.

BACA:  Ular Tangga Persebaya

Soal pemain yang nantinya masih bertahan di musim depan?

Saya pikir masih banyak pemain yang bisa dipertahankan. Artinya 80 persen pemain musim ini. Tinggal posisi-posisi yang sekiranya perlu ditingkatkan lagi. Karena (saya) melihat di akhir kompetisi banyak pemain Persebaya yang tampil luar biasa. Apalagi di tangan coach Aji dengan berkumpul lebih (lama) mungkin lebih bagus lagi.

Bagaimana melihat jajaran pelatih yang dihuni oleh legenda Persebaya?

Sangat bagus. Artinya melihat kondisi tim yang mampu finis di papan atas menandakan bahwa hasil tersebut juga merupakan kontribusi dari jajaran tim pelatih.

Sebagai tim analisis dari Technical Study Group (TSG) PT LIB, bagaimana abah Mustaqim melihat Persebaya secara menyeluruh di musim ini?

Prestasi Persebaya meningkat terus, artinya dari segi individu, dan dari segi tim ada peningkatan. Dan itu harus dipertahankan. (osc)

Komentar Artikel