Resmi Runner Up, Ini Syarat Persebaya Bisa Main di Level Asia

Foto: Rizka Perdana Putra/EJ
Iklan

EJ – Persebaya Surabaya sukses mengakhiri musim dengan Happy Ending. Skuad asuhan Aji Santoso ini dipastikan menjadi runner up Liga 1 2019 dengan koleksi 54 poin dari total 34 laga. Pencapaian ini juga membuka kans Bajol Ijo tampil di level Asia.

Memang, Persebaya belum dipastikan lolos ke ajang AFC Cup 2020. Karena masih menunggu sang juara Liga 1 Bali United yang masih akan berjuang di kualifikasi AFC Champions League 2020. Saat ini Green Force masih dalam daftar tunggu.

Lalu apa syarat klub kebanggaan Bonek Bonita ini bisa tembus main ke level Asia? Satu-satunya syarat adalah Bali United sukses masuk babak grup AFC Champions League.

Tentu bukan misi yang mudah bagi klub berjuluk Serdadu Tridatu itu. Bali United berdasarkan rilis resmi AFC bakal tergabung dalam grup E, tetapi mereka harus melawati babak preliminary terlebih dahulu.

Iklan

Skuad asuhan Stefano ‘Teco’ Cugura ini akan menghadapi klub asal Singapura, Tampines Rovers, di babak preliminary 1 pada 14 Januari 2020 mendatang di Singapura. Kemenangan akan membawa Spajojevic dkk melenggang ke babak berikutnya dan sudah ditunggu tim kuat Australia, Melbourne Victory. Laga ini akan berlangsung di Australia sekitar akhir Januari 2020 mendatang.

BACA:  Persebaya vs Persija : Tidak Ada Pengawalan Khusus Untuk Makan Konate

Jika berhasil melewati hadangan dua tim tersebut, Bali United bakal melakoni laga kualifikasi Playoff menghadapi klub dari Jepang. Namun, saat ini belum dipastikan klub Jepang antara Kashima Antlers atau Kawasaki Frontale yang akan mengisi spot Playoff.

Jika sukses menyapu bersih semua pertaidngan, maka anak asuh Teco akan masuk grup E bersama Beijing FC dari Tiongkok dan Chaingrai United dari Thailand, sementara satu slot lainnya bakal diperebutkan antara FC Seoul dan Kedah FA atau Tai Po dari Hong Kong dalam babak Playoff.

Jika Bali United gagal ke babak grup, pupus sudah asah Persebaya tampil di level asia. Slot AFC Cup akan diisi Bali United satu grup bersama Ceres Negros dari Filipina, Than Quang Ninh dari Vietnam dan pemenang playoff ASEAN 3 antara klub dari Laos atau Kamboja.

BACA:  Resmi, Makan Konate Jadi Pemain ke-23 Persebaya

Meski belum pasti tampil di kompetisi level asia, pencapaian Persebaya musim ini tentu membuat Bonek Bonita bangga. Sempat terseok-seok, Bajol Ijo berhasil bangkit dari keterpurukan, setelah kursi kepelatihan di ambil alih Aji. Empat laga sisa sukses disapu bersih Ruben Sanadi dkk.

Racikan pelatih asal Malang ini juga terbukti ampuh pada laga besar. Melawan Arema dalam derby Jawa Timur, Persebaya menang telak 4-1 di laga yang digelar di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur. Kemudian melawat ke ibu kota melawan Persija Jakarta dalam laga bertajuk derby Perserikatan yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Persebaya menang dengan skor 1-2. (msr)

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display