Cerita Aggy Eka Tentang Dunia Agen Pemain di Ligina dan Proses Mendatangkan Aryn ke Persebaya

87
Proses penandatanganan kontrak Aryn Williams bersama Persebaya.

EJ – Kompetisi Liga 1 2019 sudah berakhir. Namun perjalanan para pemain dalam bertahan atau mencari klub baru masih terus berlanjut. Bursa transfer Liga Indonesia kembali dibuka menuju musim 2020 dan yang pasti ada drama maupun rumor berkembang. Jelas, rumor bisa bukan sekedar rumor jika kita mengetahui langsung dari pemain bersangkutan, klub, maupun sang agen.

Mengenai bursa tranfer Liga 1 2020, EJ mencoba mewawancarai salah satu agen pemain yang bisa dibilang cukup sukses di awal karirnya. Aggy Eka Ressy, agen pemain yang mulai berkecimpung di Liga Indonesia musim lalu. Namun, ia berhasil mendatangkan pemain berkelas seperti Aryn Williams (Persebaya), Alex Goncalves (Persela), dan Cantilana (PSIS).

EJ: Bagaimana cerita awal karir Mas Aggy menjadi agen pemain sepak bola di liga Indonesia?

Aggy: Jadi gini, saya ikut organisasi di Universitas Diponegoro yang aktif juga dihubungan internasional. Kemudian saya kenal agen pemain dan pelatih. Saya bertemu dengan kolega asal Serbia yang mengenalkan saya kepada salah satu pelatih asing ternama. Namun sebelum itu juga saya sudah belajar tentang agency, bagaimana sistematika dan SOP dalam dunia agen. Dan saya juga punya relasi dari luar negeri.

Siapa pemain asing pertama yang didatangkan oleh mas Aggy di liga Indonesia?

Yang pertama itu si Washington Brandao. Pemain yang merumput bersama Persela di Piala Presiden. Ketika masa kepelatihan Aji Santoso namun dicoret dan akhirnya ada nama Alex Goncalves.

Apa problematika bagi seorang agen di Liga Indonesia terutama bagi mas Aggy sendiri?

Perbedaan kultur pemain, dari segi lifestyle maupun juga makanan. Jadi ada yang namanya culture shock. Kita juga harus membantu 1 sampai 2 bulan dalam beradaptasi. Terutama soal makanan yang terkadang tidak cocok.

Bagaiamana dengan masalah lain seperti aspek finansial?

BACA:  Djanur Tak Ragu Rekrut Pemain Asing Debutan untuk Persebaya

Soal keterlambatan gaji pemain. Jadi kita sebagai agen setiap bulan harus nge-push kalau ada keterlambatan gaji sehari atau dua hari. Pemain mempertanyakan ke saya dan saya langsung kontak ke manajemen. Jadi terkadang setiap bulan sering-sering memperjuangkanlah.

Bagaimana soal persyaratan soal administrasi pemain sebelum bergabung ke klub tersebut?

Dokumen pemain asing sangat banyak dibanding dokumen pemain lokal. Ada lima dokumen yang harus dipenuhi salah satunya seperti passport dan realese letter. Kemudian masuk ke PSSI yaitu Transfer Matching Sistem (TMS) maupun Internasional Transfer Certificate (ITC).

Aryn Wllliams sekarang menjadi idola para Bonek dan Bonita. Cerita awal mas Aggy mendatangkan Aryn Williams seperti apa?

Saya dapat rekomendasi dari agen besar di India. Dia mengenalkan saya dengan Aryn. Dan saya mendapatkan jembatan lebih luas lagi. Setelah kenal dengan Aryn, saya kemudian kenal dengan kakak Aryn yaitu Rhys Williams. Rhys pernah bermain di Liga Inggris dan punya jam terbang yang cukup banyak di klub Inggris. Kemudian untuk Aryn saya tawarkan ke manajemen Persebaya.

Adakah curhat Aryn Williams soal Persebaya dan Bonek yang di banyak media juga dikatakan ia sangat betah di Persebaya?

Betul. Aryn sangat terkesan bermain di Persebaya. Aryn senang dengan Bonek, merasa dicintai oleh Bonek dan merasa dekat dengan Bonek. Dia belum pernah ngerasain selama berkarir mendapat atmosfer seperti di Persebaya. Bahkan sampai merasa seperti orang desa yang kagum melihat bonek. Dikit-dikit kirim video ke saya tentang dirinya dan Bonek.

Selama menjadi agen pemain asing adakah pemain yang berperilaku kurang mengenakkan?

Alhamdulillah pemain dari saya tidak ada yang bad attitude. Semua baik dan sensitif. Nangisan semua mas. Dikit-dikit terharu menangis. (osc)

Komentar Artikel