Daftar 12 Pemain Persebaya Musim 2020

2394
David da Silva dan Irfan Jaya. Foto: Rizka Perdana Putra/EJ

EJ – 12 pemain telah resmi berseragam Persebaya untuk musim 2020. Ada tiga pemain baru dan sisanya adalah pemain lama yang membela Persebaya musim 2019. Pendaftaran pemain untuk musim 2020 telah dibuka 1 Januari hingga 21 Maret.

Manajemen mengumumkan melepas 9 pemain di hari terakhir 2019. Mereka adalah Imam Arief (kiper), Miswar Saputra (kiper), Andri Muliadi (bek), Otavio Dutra (bek), Novan Setya (bek), Fandi Eko Utomo (gelandang), M. Solikin (gelandang), Elisa Basna (winger), dan Diogo Campos (penyerang).

”Kami ucapkan terima kasih kepada pemain-pemain yang tidak diperpanjang kontraknya. Semoga mendapatkan karir yang lebih baik di klub baru nanti,” kata Candra Wahyudi, Manajer Persebaya, seperti dikutip dari persebaya.id. ”Sejumlah pemain lain sudah kami perpanjang (kontrak) untuk musim depan, sebagian lain dalam tahap finalisasi legal,” tambahnya.

Di hari yang sama, manajemen mengumumkan perpanjangan kontrak Hansamu Yama. Tidak disebutkan berapa durasi kontrak pemain asal Mojokerto ini. “”Alhamdulillah, proses negosiasi berjalan dengan lancar tuntas. Saya bertekad untuk lebih baik lagi tahun depan bersama Persebaya,” ujar Hansamu.

Tepat di tahun baru, manajemen mengumumkan jika pemain asing asal Australia, Aryn Williams masih berseragam hijau-hijau. ”Saya senang bisa kembali berseragam Persebaya musim depan. Dengan persiapan yang lebih baik, saya yakin Persebaya akan meraih hasil maksimal musim depan,” kata Aryn.

Lima pemain juga resmi diperpanjang kontraknya. Mereka adalah Rendi Irwan, Oktafianus Fernando, M. Syaifuddin, Abu Rizal Maulana, Irfan Jaya, dan M. Hidayat. Kelima pemain tersebut telah membela Persebaya sejak masih di Liga 2.

Sehari kemudian, manajemen mengumumkan perekrutan tiga pemain baru. Ketiganya merupakan pemain lokal. Mereka adalah Arif Satria (Persela), Bayu Nugroho (PSIS), dan Ricky Kambuaya (PS Sleman).

BACA:  Sebut Tim Paket Komplet, Kurniawan Doakan Persebaya Juara Liga 1 2020

”Kehormatan bagi saya bisa gabung ke Persebaya. Klub besar yang diimpikan banyak pemain,” kata Arif. ”Karena itu, saat Coach Aji menawari, tanpa pikir panjang saya langsung mengiyakan. Apalagi, Coach Aji bisa dibilang yang menemukan saya,” lanjutnya.

Pelatih Aji Santoso mengatakan alasan dilepasnya beberapa pemain bukan hanya karena alasan teknis. Namun juga negosiasi antara Persebaya dengan pihak pemain tidak menemui titik temu. Bukan hanya soal uang, namun ada juga poin-pon lain yang mengganjal.

”Pemain datang dan pergi adalah satu hal yang biasa dalam dunia sepak bola profesional. Yang pasti, Persebaya harus terus lebih baik dari tahun ke tahun, tentu saja skuadnya harus lebih kuat,”ucap pelatih asal Kepanjen, Malang ini.

Hingga berita ini diturunkan, Persebaya baru memiliki dua pemain asing. Masih ada dua lot pemain asing. Aji mengatakan jika pendukung Persebaya tak perlu cemas akan kualitas pemain asing pengganti. ”Saat kami melepaskan seorang pemain, tentunya penggantinya harus lebih baik,” ucapnya.

Masih ada 18 slot pemain yang bisa dimanfaatkan Persebaya untuk musim depan. Manajemen diperkirakan akan memaksimalkan 30 slot pemain akibat banyaknya kompetisi yang harus diikuti Persebaya. (iwe)

Daftar 12 Pemain Persebaya hingga 2 Januari 2020:

  1. David da Silva
  2. Hansamu Yama Pranata
  3. Aryn Williams
  4. Rendi Irwan
  5. M Hidayat
  6. Abu Rizal Maulana
  7. M Syaifuddin
  8. Oktafianus Fernando
  9. Irfan Jaya
  10. Bayu Nugroho
  11. Ricky Kambuaya
  12. Arif Satria

Komentar Artikel