Tips Anti Kehabisan Tiket: Simpel dan Belum Banyak Digunakan

749
Bonek menukarkan tiket di Persebaya Store cabang Pasar Genteng. Foto: Bonek Metropolitan

Kehabisan tiket adalah persoalan rutin suporter ketika pertandingan big match atau seremonial. Contohnya seperti tiket Forever Game kemarin. Hal tersebut sebenarnya bisa teratasi dengan cara dan strategi yang tepat. Penulis akan membagikan tips tersebut dalam artikel ini.

Semenjak berkiprah di Liga 2 2017, Persebaya memang selalu membuka slot penjualan tiket lewat jalur daring. Setelah 2017 lalu menggandeng MyTicket, mulai musim 2018 sampai saat ini Persebaya menggunakan Loket sebagai media penjualan tiket. Permasalahan muncul ketika laga besar. Kuota maksimal stadion Gelora Bung Tomo yang “hanya” sanggup menampung 50.000 penonton tentu tidak sebanding dengan animo permintaan tiket. Akibatnya mau tidak mau “duel” rebutan tiket pasti terjadi.

Di sini penulis selalu memilih menggunakan jalur Loket karena proses request yang lebih simpel daripada aplikasi lain, dengan kata lain proses request langsung ke server yang bersangkutan tanpa melalui media server lain. Lalu bayarnya baru pakai Go-Pay, biar biaya tambahannya murah hehehe…

Menurut pengamatan penulis, rata-rata lonjakan request (permintaan) tiket pertandingan big match ke situs Loket akan mencapai puncaknya ketika memasuki 7-15 menit semenjak dibuka. Artinya, ada peluang sekitar 7 menit untuk “mendahului” penonton yang lain. Hal itu bisa digapai dengan empat step cara yang selalu penulis gunakan berikut ini.

  1. Cek Loket Kategori Sports

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengecek situs Loket untuk kategori Sports. Manajemen selalu mempersiapkan penjualan tiket dengan baik. Beberapa jam sebelum penjualan dibuka, dalam kategori tersebut sudah terpampang halaman penjualan tiket Persebaya (bertuliskan NOT STARTED karena memang belum mulai dijual).

Grafis: Naim Fattah

Untuk pertandingan Liga 1 dua musim terakhir, pola yang kerap digunakan manajemen adalah halaman penjualan di kategori Sports sudah ada sejak H-4 pertandingan pada pagi hari (sekitar pukul 8 atau 9 namun NOT STARTED) dan baru dibuka ketika pukul 12.00 WIB siang. Namun penjualan H-4 ini tidak saklek, apalagi jika jarak antar pertandingan sangat mepet seperti musim lalu.

  1. Cek URL LoketPersebaya

Setelah halaman penjualan tiket sudah terpampang di web Loket kategori Sports, langkah selanjutnya adalah selalu cek URL www.loketpersebaya.com. Pihak Loket menyediakan URL tersebut dengan tujuan memudahkan suporter yang akan membeli tiket. URL ini akan dialihkan ke halaman penjualan tiket mulai dari beberapa jam sebelum tiket dijual.

Grafis: Naim Fattah

Bingung? Begini penjelasan/ilustrasi lebih gampangnya rek…

Menjelang penjualan tiket Persebaya vs Persis kemarin, penulis sering mengakses URL loketpersebaya ini. Tujuannya untuk memastikan apakah penjualan tiket sudah siap atau belum. Namun saat itu URL masih dialihkan ke halaman Persebaya vs PSS (laga terakhir yang digelar dengan penonton). Artinya, tujuan URL belum diperbarui dan jam penjualan tiket Persebaya vs Persis mungkin masih lama. Tetapi ketika URL tersebut sudah dialihkan ke halaman penjualan tiket Persebaya vs Persis, maka bisa dipastikan penjualan tiket akan segera dibuka beberapa jam kedepan. Jika sudah begitu, maka yang harus Anda lakukan adalah stand by.

  1. Stand By di Halaman Outlet Pilihan
BACA:  Zahra Musdalifah, Srikandi Timnas Putri yang Juara Bersama Tim Laki-laki

Setelah Anda memastikan URL LoketPersebaya sudah dialihkan ke penjualan tiket paling baru, untuk lebih memangkas waktu segera pilih kategori tiket dan outlet penukaran pilihan Anda. Misalnya disini penulis memilih outlet Sidoarjo. Meskipun masih NOT STARTED, hal ini nantinya sangat memudahkan Anda ketika penjualan tiket mulai dibuka. Yang perlu dilakukan dalam halaman ini adalah refresh.

Grafis: Naim Fattah
  1. Refresh Saat Perubahan Jam

Step terakhir adalah melakukan refresh halaman outlet pilihan. Selama ini, tidak setiap pertandingan akan diberikan info oleh manajemen soal jam pembelian tiket. Namun yang paling populer menurut pengalaman penulis adalah pukul 12.00 WIB, 15.00 WIB, dan 10.00 WIB. Jarang diluar jam tersebut meski pernah juga dibuka pada dinihari saat melawan Persela Lamongan beberapa waktu lalu.

Grafis: Naim Fattah

Maka dari itu untuk njagani agar tidak ketinggalan, penulis kerap melakukan refresh halaman outlet pilihan ketika pergantian jam. Termasuk kemarin saat pukul 00.00 tanggal 5 Januari 2020 merujuk pada reminder postingan instastory Persebaya yang ternyata malah zonk… wkwkwk.

Jika manajemen tidak memberi info pasti soal jam penjualan, maka sebaiknya Anda melakukan refresh ketika pergantian jam seperti 09.00, 10.00, 11.00, 12.00 dst… karena tiket kerap mulai dijual pada pergantian jam seperti itu. Sehingga pada saat penjualan dibuka, cukup refresh halaman satu kali Anda sudah bisa memasukkan jumlah tiket yang akan dibeli. Menghemat waktu, rek!

Catatan:

Cara diatas memang selalu dilakukan penulis dan Alhamdulillah belum pernah gagal mendapat tiket. Meski peluang berhasil sangat tinggi, namun hal itu bukan jaminan mutlak 100% berhasil untuk pembaca sebab ada faktor pendukung lain seperti koneksi internet yang stabil.

Penulis pernah merasakan “duel” rebutan tiket paling parah ketika Final Piala Presiden 2019 lalu. Ketika itu situs Loket sampai tumbang beberapa saat akibat lonjakan permintaan yang terjadi. Namun dengan kecepatan tangan, koneksi yang stabil (dan keberuntungan), hal tersebut sukses dilewati dan berhasil mendapatkan tiket yang diinginkan.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk rekan-rekan Bonek semuanya. Salam Satu Nyali, WANI!

Komentar Artikel