Jika Osvaldo Haay Pergi, Persebaya Masih Punya Stok Winger Memadai

209
Osvaldo Haay. Foto: Joko Kristiono/EJ

EJ -- Osvaldo Haay kemungkinan besar tidak akan kembali berseragam Persebaya Surabaya musim ini. Setelah 2 tahun lamanya membela Persebaya, pemain 22 tahun itu dikabarkan ingin mencari tantangan baru di luar Surabaya.

Hal itu disampaikan sekretaris Persebaya Surabaya, Ram Surahman pada Rabu (22/1/2020). Ketika berdiskusi kontrak awal Januari lalu, Osvaldo menyatakan keinginannya kepada manajemen Persebaya.

“Osvaldo sudah pernah kami ajak ketemu, sama pelatih juga, kami beri opsi untuk bertahan. Tetapi, seperti yang dikatakan coach Aji (Santoso), Osvaldo ingin cari tantangan di luar Persebaya,” kata Ram.

Persebaya pun menghormati keputusan dari Osvaldo. Manajemen dan tim pelatih tidak akan memaksa jika memang pemain sudah tidak berhasrat membela Persebaya.

“Kami hormati. Intinya, kalau tawaran sudah kami berikan kepada pemain, terus hatinya tidak sreg untuk sama-sama, ya sudah. Aslinya kan sudah tidak ada kecocokan,” anggap Ram.

Kontrak Osvaldo bersama Persebaya baru akan berakhir pada 31 Januari 2020 mendatang. Menurut penuturan Aji beberapa waktu lalu, Osvaldo sedang menimbang dua tawaran untuk bermain di Liga Eropa.

Namun, akhir-akhir ini, Osvaldo dikabarkan sedang menjalin komunikasi intensif dengan 2 klub ibukota, Persija Jakarta dan Bhayangkara FC. 

Stok Winger Cukup

Jika Osvaldo Haay pergi, Persebaya masih punya 4 pemain lain yang berposisi asli sebagai winger. Keempatnya adalah Irfan Jaya, Oktafianus Fernando, Bayu Nugroho dan pemain 17 tahun, Mochammad Supriadi.

Selain keempat pemain tersebut, 2 gelandang anyar Persebaya yaitu Mahmoud Eid dan Hambali Tholib juga bisa diturunkan sebagai winger. 

Di klub lamanya, Kalmar FF, Eid sering dimainkan sebagai second striker atau winger kanan. Sedangkan Hambali, meski posisi utamanya adalah gelandang serang, juga sempat dimainkan beberapa kali sebagai winger ketika situasi mendesak di Persela.

Gelandang serba bisa Alwi Slamat juga bisa menjadi opsi terakhir untuk posisi winger. Selama bermain di Persebaya, ia pernah diturunkan sebagai bek kiri, gelandang bertahan, gelandang tengah dan juga winger. (riz)

Aji Santoso Tentang Nasib Ruben Sanadi dan Osvaldo Haay

Komentar Artikel

BACA:  Dipanggil Timnas, Irfan Jaya dan Osvaldo Haay Tak Bisa Lawan Persib?