Performa Menjanjikan, Persebaya Taklukkan Sabah FA

Foto: Joko Kristiono/EJ
Iklan

EJ – Green Force menampilkan permainan yang menjanjikan dengan menaklukkan Sabah FA di Gelora Bung Tomo, Sabtu(8/2). Pertandingan yang bertajuk international Friendly Match ini mampu dimenangkan Persebaya dengan skor 3-1.

Sebelum pertandingan berlangsung, Persebaya memperkenalkan seluruh pemainnya yang akan mengarungi kompetisi di tahun 2020. Tampak seluruh pemain yang diperkenalkan hadir di lapangan, kecuali Angga Saputra, Abduh Lestaluhu, dan Hansamu Yama yang belum bisa bergabung dengan tim.

Babak Pertama

Kedua kesebelasan masih saling meraba-raba dalam lima menit awal pertandingan. Tempo cenderung lambat tersaji pada awal laga. Peluang pertama didapatkan David da Silva. Menerima umpan panjang dari lini tengah, Da Silva berlari sendirian menuju gawang Sabah FA, namun sayang eksekusi Da Silva masih melebar ke kanan gawang Sabah FA yang dikawal Rozaime Rohim.

Iklan

Pada menit ke-5, seketika Gelora Bung Tomo terdiam dengan gol perdana dari tim tamu. Bermula dari Situasi tendangan sudut yang diperoleh Sabah FA, Petrus uang menjadi eksekutor tendangan sudut mampu mengirim umpan menuju Hector yang lepas dari kawalan pemain belakang Persebaya. Dengan mudah striker jangkung tersebut mampu menempatkan bola ke gawang Rivky Mokodompit. Skor 0-1 untuk tim tamu di menit 5.

BACA:  Jelang Lawan Sabah FA, Patrich dan Angga Absen Latihan

Tak butuh waktu lama untuk Persebaya menyamakan kedudukan. Pada menit ke-8 melalui serangan balik cepat, Da Silva mampu memaksimalkan peluangnya. Berlari menggiring bola hingga kotak penalti, da Silva dengan mudah menceploskan bola yang tak mampu dibendung kiper Sabah FA. Skor kembali imbang 1-1

Terciptanya dua gol untuk masing-masing tim mampu menaikkan tempo pertandingan. Kedua kesebelasan silih berganti menguasai bola. Persebaya tampak dominan menerapkan umpak dari kaki ke kaki, sedangkan tim tamu lebih cenderung menerapkan long pass yang mengarah ke striker jangkung miliknya, Hector.

Pada menit ke-37, Persebaya mampu membalikkan kedudukan. Kali ini Makan Konate berperan dalam terciptanya gol kedua Persebaya. Umpan terobosannya yang diteruskan Irfan jaya mampu membuka ruang untuk Irfan melepaskan crossing ke tengah, Da Silva dengan sangat tenang mampu menciptakan gol melalui eksekusi yang berkelas, backheel shoot-nya mampu mengelabui kiper Sabah FA. Skor menjadi 2-1 dan bertahan hingga akhir babak kedua.

Babak Kedua

Kedua tim masih menyajikan tempo yang sama seperti awal babak pertama. Sabah FA lebih bermain agresif dalam merebut bola yang dikuasai para pemain Persebaya. Dalam kondisi tertinggal, Sabah FA masih menerapkan skema long pass.

Persebaya mulai merombak pemain di lapangan dengan memasukkan Patrich Wanggai, Koko Ari, Ricky Kambuaya, Rendi Irwan, dan Bayu Nugroho. Tiga legiun asing milik Bajol Ijo ditarik pada babak kedua kecuali Aryn Williams yang bermain 90 menit.

BACA:  Cerita Kurniawan Dwi Yulianto di Balik Uji Coba Persebaya vs Sabah FA

Tidak banyak ancaman yang berarti untuk kiper kedua tim. Rivky Mokodompit bermain cukup disiplin dengan empat penyelamatan yang mengarah ke gawangnya.

Menjelang berakhirnya pertandingan, Persebaya mampu memperbesar keunggulan menjadi 3-1 melalui Irfan Jaya. Bekerja sama dengan Rendi Irwan, Irfan menerima umpan cantik Rendi dan dengan penyelesaian yang tenang mampu menyarangkan bola ke jala tim tamu. Skor 3-1 bertahan hingga akhir laga.

Persebaya mampu menyajikan permainan yang menjanjikan sepanjang laga. Permainan yang tenang dan efektif serta para pemain muda yang menunjukkan kematangan.

Persebaya akan bersiap menjalani Piala Gubernur Jatim yang akan dihelat mulai Senin (10/2). Persebaya melakoni laga pembuka dalam turnamen tersebut menjamu Persik Kediri, pukul 15.00 WIB. (rgl)

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display