Tampil Dominan, Bajol Ijo Jinakkan Macan Putih

193
Selebrasi gol Hambali Tolib. Foto: Joko Kristiono/EJ

EJ -- Persebaya taklukkan persik Kediri dengan skor 3-1 dalam pertandingan perdana Piala Gubernur Jatim 2020 yang digelar di Stadion Gelora Bangkalan, Senin (10/2). Tampil efektif dan dominan dalam penguasaan bola sepanjang laga, Bajol Ijo sementara bertengger di puncak klasemen grup A.

Menampilkan beberapa pemain muda dalam starting line up, Persebaya bermain lepas dan disiplin. Hambali Tolib yang menjalani laga perdananya bersama Persebaya langsung berkontribusi dengan mencetak satu dari tiga gol Persebaya.

Babak Pertama

Persebaya langsung mengambil inisiatif menekan sejak awal babak pertama. Penguasaan bola dominan dikuasai tim asuhan Aji Santoso. Permainan dari kaki ke kaki sangat terlihat untuk build up serangan dari lini belakang. Persik hanya sesekali menguasai bola dan masih buntu dalam membongkar lini tengah Bajol Ijo.

Keran gol Green Force dibuka oleh Supriadi di menit ke-19. Menerima umpan dari Patrich Wanggai, Supri melepaskan tendangan kaki kiri keras menyusur tanah yang tak mampu dibendung kiper Persik Kediri, Fajar Setya. Persebaya unggul 1-0.

Permainan yang agresif dan penguasaan bola yang apik diperagakan punggawa Persebaya di lapangan. Tim Macan Putih kesulitan dalam membongkar pertahanan Persebaya yang dikawal Rizky Ridho dan Rahmat Irianto. Kedua center back muda ini bermain cukup disiplin dalam menghalau bola.

Gol kedua Persebaya lahir di menit ke-42 dari situasi set piece. Berjarak hanya beberapa meter dari kotak penalti, Hambali Tolib yang menjadi eksekutor sukses menyarangkan bola ke pojok kiri atas gawang Persik. Tendangannya tak mampu dihalau Fajar Setya dengan baik. Green Force menambah keunggulan menjadi 2-0.

Menjelang akhir babak pertama, Persebaya lagi-lagi menambah golnya melalui titik penalti. Bermula dari Ricky Kambuaya yang berlari tanpa kawalan dilanggar oleh Ante Bakmaz di dalam kotak enam belas. Alwi Slamat yang dipercaya menjadi eksekutor sukses menjalankan tugasnya dengan baik. Persebaya memimpin 3-0 hingga peluit akhir babak pertama dibunyikan.

BACA:  Persebaya vs Persija: Duel Klasik di Laga Puncak, Tuntaskan Jol!

Babak Kedua

Pada awal-awal babak kedua bergulir, Persik langsung tampil menekan pertahanan Persebaya. Pressing dari lini tengah diterapkan anak asuhan Joko Susilo. Alhasil, Persik mampu memperkecil kedudukan. Memanfaatkan situasi tendangan sudut, Ante Bakmaz mampu menyundul bola ke arah gawang yang tak mampu dihalau dengan sempurna oleh Rivky Mokodompit. Skor menjadi 3-1 di menit ke-51.

Persebaya mulai memasukkan para pemain asingnya di pertengahan babak kedua. Mahmoud Eid, Da Silva, dan Makan Konate dimasukkan oleh Aji Santoso untuk menambah daya gedor Bajol Ijo. Penguasaan bola cenderung berimbang pada babak kedua. Persik lebih berani melakukan overlap dari kedua sisi pertahanan Persebaya.

Beberapa kali peluang emas didapatkan Persebaya, mulai dari tendangan keras kaki kiri Mahmoud Eid yang masih membentur tiang gawang, upaya tendangan Abu Rizal dari jarak dekat yang mampu diantisipasi kiper Persik, dan tendangan kaki kiri Makan Konate yang masih tipis melebar.

Skor 3-1 tak berubah hingga peluit panjang dibunyikan wasit. Hasil yang cukup baik diperoleh Bajol Ijo untuk membuka turnamen pra musim. Tampil dengan mayoritas pemain muda pada awal laga bukan menjadi halangan untuk membongkar pertahanan Macan putih.

Pada pertandingan selanjutnya, Persebaya akan berjumpa melawan Bhayangkara FC, Rabu (12/2). (rgl)

Alasan Kekalahan Persik Atas Persebaya

Komentar Artikel