Cara Aji Santoso Bangkitkan Semangat Konate Hingga Cetak Dua Gol

340
MaKan Konate mencetak gol pertamanya ke gawang Madura United. Foto: Joko Kristiono/EJ

EJ -- Gelandang nomor 10 Persebaya Surabaya, Makan Konate mampu tampil gemilang dalam laga melawan Madura United, Jumat (14/2/2020) di Stadion Gelora Bangkalan, Madura. Eks pemain Arema FC itu mampu mencetak 2 gol dan 1 assist.

Penampilan apik lawan Madura United itu sekaligus ajang pembuktian bagi Konate. Sebelumnya, saat melawan Bhayangkara FC (12/2/2020), Konate mendapat kritik karena gagal memaksimalkan tendangan penalti. Saat itu Persebaya harus menerima kekalahan tipis 0-1.

Seusai laga tersebut pelatih Persebaya, Aji Santoso mengungkapkan jika Konate sempat down. Namun, pelatih 49 tahun itu punya cara untuk meningkatkan kepercayaan diri Konate. Yakni dengan menunjuknya sebagai kapten tim saat lawan Madura United. 

“Ketika Konate dalam kondisi sedikit down, justru saya mengangkat mental mereka. Saya berikan kenyamanan di tim ini, bahkan kami menunjuk Konate sebagai kapten. Ternyata dijawab dengan sangat luar biasa, selain dia main bagus, dia cetak dua gol,” kata Aji puas. 

Ya, Konate akhirnya mampu menjawab kepercayaan Aji dan menunjukkan kualitas lewat dua gol yang sangat apik. Pertama, ia melepaskan tendangan jarak jauh dari luar kotak penalti pada menit ke-20. Kedua, ia mampu melewati kiper Madura United, Satria Tama sebelum melepaskan tembakan ke gawang yang kosong di menit ke-24.

Selain itu Konate juga mencetak satu assist kepada Arif Satria lewat skema tendangan bebas di menit ke-81.

Pemain asal Mali itu pun turut berkontribusi atas kemenangan Persebaya 4-2 melawan Madura United. Satu gol Persebaya lain diciptakan oleh David da Silva di menit ke-68. Sedangkan dua gol Madura United diciptakan oleh Alberto Goncalves (60′) dan Haris Tuharea (66′). 

Green Force pun menjadi tim ketiga yang memastikan diri lolos ke babak semifinal Piala Gubernur Jawa Timur (PGJ) 2020. Sebelumnya, dua tim lebih dulu memastikan lolos yaitu Persija Jakarta dan Arema FC. 

Meski begitu masih belum dipastikan siapa lawan Persebaya di babak semifinal. Persija baru akan berhadapan dengan Arema FC pada Sabtu (15/2/2020) esok. (riz)

Senangnya Makan Konate Berlatih Bersama Persebaya

Komentar Artikel

BACA:  Begini Proses Perekrutan Makan Konate ke Persebaya