Hajar Macan Kemayoran, Persebaya Kampiun Piala Gubernur Jatim 2020

Selebrasi gol Oktafianus Fernando. Foto: Joko Kristiono/EJ

EJ – Persebaya berhasil keluar sebagai juara Piala Gubernur Jatim 2020 setelah mampu menghajar Persija dengan skor 4-1 di Gelora Delta Sidoarjo (20/2/2020). Persebaya mampu mengatasi perlawanan tim berjuluk Macan Kemayoran tersebut dan menjaga Piala Gubernur Jatim tetap milik klub Jawa Timur.

Coach Aji Santoso menampilkan Syaifuddin sebagai bek kiri dan Alwi Selamat pada bek kanan, terbukti tak banyak merubah permainan Persebaya secara keseluruhan. Rotasi yang berjalan cukup sukses untuk mengatasi absennya beberapa pilar.

Babak Pertama

Persebaya mendominasi penguasaan bola setelah wasit meniup tanda mulai jalannya pertandingan. Umpan-umpan pendek persebaya mampu mengurung pertahanan Persija. Makan Konate dkk tampil agresif dan efektif untuk membangun serangan.

Tak butuh waktu lama, gol pembuka Persebaya lahir dari kaki Oktafianus Fernando di menit ke-2. Umpan silang dari makan Konate mampu diselesaikan sldengan apik oleh pemain yang akrab disapa ofan tersebut. Persebaya unggul 1-0 di menit-menit awal laga.

Pertandingan berlangsung keras dan perebutan bola sering terjadi di lini tengah, Namun Persebaya masih mendominasi ball possesion. Serangan yang dibangun oleh Persija juga mampu diredam para pemain bertahan Persebaya. Bahkan dua pergantian pemain langsung dilakukan oleh Persija untuk menjalankan kontra strategi.

BACA:  Aji Santoso: Saya Tak Mau Menyalahkan Konate, Biasa Saja

Persija harus bermain dengan sepuluh pemain sejak menit ke-31. Tim berjuluk macan Kemayoran itu harus Ryuji Utomo setelah diganjar kartu merah karena melanggar Da Silva. Praktis anak asuhan Aji Santoso makin mendominasi jalannya laga.

Alih-alih menambah gol, Persebaya harus kecolongan gol setelah Marko Simic mampu menjebol gawang Rivky Mokodompit. Bermula dari situasi corner kick, Simic mampu menyambut umpan yang dikirim Riko Simanjuntak dari sudut lapangan. Sundulan keras Simic tak mampu diantisipasi dengan sempurna oleh Rivky. Persija menyamakan kedudukan di menit ke-43.

Skor tak berubah hingga babak pertama berakhir. Keunggulan jumlah pemain tak mampu dimaksimalkan oleh Persebaya di babak pertama.

Babak Kedua

Tak ingin berlama-lama memainkan bola di belakang, Persebaya langsung menggempur pertahanan Persija dengan agresif. Unggul jumlah pemain dan mendominasi penguasaan bola, Persebaya hampir tak memberikan kesempatan Macan Kemayoran untuk memegang bola terlalu lama.

Green Force akhirnya mampu unggul kembali di menit ke-52. Gol ini dicetak melalui kaki Makan Konate yang meliuk-liuk melewati bek Persija dan dengan mudah menceploskan bola ke gawang Shahar Ginanjar. Skor menjadi 2-1.

Tak butuh waktu lama kembali bagi Persebaya menambah keunggulannya. Pada menit ke-56 Melalui skema short corner kick, Irfan Jaya mengirim bola ke Ricky Kambuaya yang berdiri tanpa kawalan di kotak pinalti. Percobaan tendangannya sempat mampu dihadang oleh Maman Abdurahman, bola rebound mampu disambar Ricky untuk menyarangkan bola untuk ketiga kalinya di gawang Persija.

BACA:  Tampil Dominan, Bajol Ijo Jinakkan Macan Putih

Pertandingan berlangsung keras pada pertengahan babak kedua. Banyak foul dan kartu kuning yang dikeluarkan wasit dari kantongnya. Sementara ball possesion masih dipegang oleh Bajol Ijo.

Mahmoud Eid mampu menambah pundi-pundi gol Persebaya di laga ini pada menit ke-80. Lagi-lagi melalui sisi kiri pertahanan Macan kemayoran, Mahmoud mampu melesakkan bola ke tianng dekat. Tendangan keras Mahmoud menghujam keras gawang Shahar Ginanjar. Persebaya Unggul jauh 4-1.

Persebaya tampil apik dan efektif sepanjang laga final ini. Banyak peluang yang mampu diciptakan Makan Konate dkk. Lini pertahanan mampu meredam dua pemain kunci Persija melalui skema open play, yaitu Marko Simic dan Riko Simanjuntak.

Skor 4-1 tak berubah hingga peluit akhir dibunyikan wasit. Persebaya mengukuhkan dirinya sebagai juara Piala Gubernur Jatim 2020. (rgl)

Persebaya Juara, Song For Pride Menggema!

Komentar Artikel