Catatan Apik Persebaya di Ajang Pramusim Selama Empat Musim Beruntun

Foto: Rizka Perdana Putra/EJ
Iklan

EJ – Gelar juara Piala Gubernur Jawa Timur menjadi trofi ketiga Persebaya sejak disahkannya Bajol Ijo kembali ke kompetisi nasional. 8 Januari 2017 adalah perjalanan baru Persebaya dalam mengarungi Liga 2 2017. Di setiap musimnya, Persebaya selalu mengalami peningkatan prestasi yang signifikan. Merengkuh gelar juara Liga 2 2017, peringkat kelima pada Liga 1 2018, dan menjadi runner-up Liga 1 musim 2019.

Capaian itu tak hanya di ajang kompetisi resmi saja. Persebaya terkesan tak pernah menyepelakan kompetisi pramusim yang diikutinya. Berikut catatan Persebaya selama mengikuti kompetisi pramusim empat musim beruntun.

Juara Dirgantara Cup 2017

Trofi Dirgantara Cup 2017 merupakan trofi pertama Persebaya pacsa diakui oleh PSSI lewat kongres di Bandung (8/01/2017). Persebaya mengalahkan Cilegon United pada partai final dengan skor 2-0 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta. Gol sundulan M Syaifuddin serta sontekan dari Oktafianus Fernando memastikan gelar juara tersebut.

Iklan
BACA:  Pemain Persebaya Perkuat Otot Dengan Latihan Di Gym

Peringkat Ketiga Piala Gubernur Kaltim 2018

Datang dengan status juara Liga 2 2017, Persebaya memastikan diri sebagai juara tiga Piala Gubernur Kaltim 2018 mengalahkan tuan rumah Borneo FC di Stadion Palaran, Samarinda (4/3/2018). Kemenangan tipis 1-0 Persebaya dicetak oleh Rishadi Fauzi pada menit ke-76.

Peringkat Kedua Piala Presiden 2019

Persebaya menjadi runner-up setalah di partai final Bajol Ijo kalah agregat atas lawannya Arema dengan skor 4-2.  Piala Presiden 2019 pertama kalinya menggunakan format dua leg di partai final. Persebaya yang tiba-tiba diputuskan sebagai tuan rumah leg pertama hanya mampu bermain imbang 2-2 atas Arema di Gelora Bung Tomo, Surabaya. Pada leg kedua Persebaya gagal tampil apik dan akhirnya kala atas tuan rumah dengan skor 2-0 di Stadion Kanjuruhan, Malang.

BACA:  Satgas Covid 19 Dukung PSSI Lanjutkan Kompetisi

Juara Piala Gubernur Jawa Timur 2020

Tanpa target juara pada turnamen ini, Persebaya malah menjadi Juara Piala Gubernur Jatim untuk kedua kalinya sejak terakhir kali meraih gelar pada 2006. Pada partai final Persebaya mengalahkan Persija 4-1 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo (20/2/2020). Menjadi tim paling produktif dengan mencetak 15 gol, Persebaya tampil dengan kolaborasi pemain senior dan junior.

Menariknya prestasi Persebaya di ajang Pramusim selalu diikuti dengan peningkatan prestasi Persebaya di Liga. Mampukah Persebaya meraih gelar Liga 1 2020? (osc)

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display