Liga 1 2020 Resmi Diluncurkan, Wasit Akan Gunakan Teknologi Tambahan

Foto: liga-indonesia.id

EJ – Shopee Liga 1 2020 menjadi nama resmi kompetisi sepakbola nasional yang akan dibuka tanggal 29 Februari 2020. Laga Persebaya menghadapi Persik Kediri di Gelora Bung Tomo menjadi partai pembuka.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) menggelar launching dan peluncuran Shopee Liga 1 2020 di Hotel Fairmont, Senin (24/2) sore. Menurut rencana kompetisi akan berakhir pada 1 November 2020 dengan total ada 306 pertandingan. Laga sebagian besar akan dimainkan pada weekend atau akhir pekan. Kick off semua pertandingan dimulai pada 15.30 WIB dan 18.30 WIB. Khusus saat Ramadan 1441 H, tayang setiap hari pukul 20.30 WIB.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan berharap bahwa kick off Shopee Liga 1 2020 berjalan lancar dan sesuai yang diinginkan. Apalagi kick off Liga 1 pada tahun ini lebih cepat dari tahun-tahun sebelumnya.

“Sesuai pesan dari Presiden Jokowi, beliau bilang bahwa pertama Timnas Indonesia harus bunyi atau mendunia. Itu yang kami sedang kerjakan. Kedua beliau memerintahkan kompetisi yang baik, aman, bagus dan enak ditonton. Tentunya kami berkomitmen untuk melakukannya dengan baik,” kata Mochamad Iriawan.

BACA:  Dua Nama Penjaga Gawang Persebaya U-20 Berpeluang Masuk Tim Senior

“Sepak bola Indonesia telah berkembang sebagai industri dan memiliki pasar yang sangat besar. Liga profesional sudah berjalan dengan baik. Sepak bola sudah menjadi tontonan yang menarik. Hal itu dibuktikan dengan meningkatnya jumlah penonton dan viewers di televisi dan tayangan digital. Selamat untuk segera bergulirnya Shopee Liga 1 2020,” tambah Iriawan.

Selain itu, wasit akan menggunakan teknologi tambahan. Di antaranya alat komunikasi wasit, vanishing spray, dan media komunikasi pergantian pemain yang sudah menggunakan papan elektronik.

“Persiapan kami sudah maksimal dan bersiap untuk launching. Kami akan mengelola Liga 1 2020 dengan lebih profesional dan berkualitas. Kami sudah mendapatkan rekomendasi dari Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) dan juga sudah rapat berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Mudah-mudahan, langkah ini bisa membuat sepak bola nasional lebih maju,” kata Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru, Cucu Somantri dikutip dari laman resmi LIB.

BACA:  Persebaya dan LIB Kembali Bahas Protokol Kesehatan

Sementara itu, PT Surya Citra Media, Tbk (SCM) berbangga dapat memperoleh hak siar Exclusive Liga 1 2020 untuk Free to Air (FTA) dan Over the Top (OTT) dan Online Broadcaster. Dengan demikian, SCM kembali meluaskan siaran Shopee Liga 1 2020 ke penjuru nusantara melalui INDOSIAR dan O’Channel, dua televisi teresterial yang mampu menjangkau lebih dari 200 juta pasang mata pemirsa. Sebanyak 188 laga akan ditayangkan secara LIVE exclusive di INDOSIAR dan 38 pertandingan lainnya melalui O’Channel.

Bagi masyarakat yang tidak bisa mengakses FTA karena aktivitas tertentu, dapat mengakses seluruh 306 laga melalui VIDIO sebagai exclusive over the top (OTT) dan Official Online Broadcaster Shopee Liga 1 2020. Adapun perinciannya adalah 80 pertandingan akan LIVE khusus di VIDIO dan 226 yang ditayangkan Indosiar dan O Channel bisa dinikmati live streaming di VIDIO. (bim)

Jelang Lawan Persik, Intensitas Latihan Persebaya Meningkat

Komentar Artikel