Alasan Aji Santoso Liburkan Pemain Persebaya Saat H-2 Pertandingan

Aji Santoso. Riska Perdana Putra/EJ
Iklan

EJ – Para pemain Persebaya Surabaya beberapa kali mendapat libur latihan saat dua hari jelang pertandingan. Termasuk, saat persiapan menghadapi Persipura Jayapura, Jumat (13/3/2020) mendatang di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Setelah berlatih dengan intensitas tinggi pada Senin (9/3) dan Selasa (10/3), para pemain Persebaya mendapat libur latihan pada Rabu (11/3). Rencananya, Makan Konate cs akan langsung menjalani official training pada Kamis (12/3). 

Sistem waktu latihan Aji Santoso ini agak berbeda jika dibandingkan beberapa pelatih Persebaya sebelumnya. Biasanya, para pemain hanya mendapat libur saat satu atau dua hari setelah pertandingan, bukan saat menjelang pertandingan. 

BACA:  Hadapi Persebaya, Ajang Jacksen Tiago Melepas Rindu

Aji kemudian mencoba menjelaskan alasan meliburkan pemain saat H-2 laga. Menurutnya, itu merupakan periodisasi latihan yang ia buat untuk menjaga pemain tetap bugar.

Iklan

“Dari dulu, di manapun saya melatih, selalu saya liburkan. Karena H-3 kan intensitasnya tinggi. Itu yang namanya periodisasi. Setelah intensitas tinggi setelah itu anak-anak istirahat, nanti H-1 tinggal aktivasi di lapangan saja,” kata Aji.

Ya, bukan sekali ini saja Aji memberi libur kepada pemain saat H-2 pertandingan. Saat mempersiapkan laga pertama Liga 1 kontra Persik Kediri (29/2), Aji juga memilih meliburkan pemain.

BACA:  Persipura vs Persebaya: Bukan Sekadar Laga Reuni

Musim lalu, ketika dihadapkan pada jadwal padat bertanding tiap empat hari sekali, Aji juga sering memberikan waktu istirahat bagi pemain. Hasilnya pun optimal, Persebaya terhindar dari cedera dan pemain bisa lebih fresh jelang pertandingan.

“Tujuannya supaya pemain cukup istirahat, ketika nanti dalam pertandingan mereka tidak merasa kelelahan, dalam kondisi yang fresh fisiknya. Makanya saat ini saya beri libur biar istirahat secara fisik maupun mental,” kata pelatih 49 tahun itu. (riz)

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display