Menang di GBT, Jacksen Memang Sudah Kantongi Kelemahan Persebaya

Jacksen F Tiago. Foto: Joko Kristiono/EJ
Iklan

EJ – Sebelum laga melawan Persebaya Surabaya dalam laga pekan ketiga Liga 1 (13/3/2020), Jacksen F. Tiago memberikan instruksi kepada pemain Persipura. Ia meminta Thiago Amaral cs lebih banyak melakukan tembakan spekulasi dan memanfaatkan kelemahan barisan pertahanan Persebaya.

“Dalam meeting kami sudah merencanakan sesuatu. Kami sudah sampaikan pada anak-anak, hari ini kami harus lebih memperbanyak shooting spekulasi ke gawang lawan, karena kami menilai disitu ada sebuah hal yang bisa kami manfaatkan,” beber Jacksen.

Strategi itu berbuah hasil. Gol pertama Persipura pada menit ke-20 tercipta karena Rivky Mokodompit luput menepis tendangan bebas dari Thiago Amaral. Padahal, bola sebenarnya dalam jangkauan Rivky.

BACA:  PERSIPURA: Belum Temukan Pola di awal Liga

Saat gol kedua Persipura di menit ke-34, Thiago kembali mencetak gol memanfaatkan kesalahan koordinasi dari lini belakang Persebaya. 

Iklan

Keputusan pelatih Persebaya, Aji Santoso untuk bermain lebih menyerang setelah tertinggal dua gol juga menguntungkan Persipura. Pertahanan Persebaya menjadi lebih longgar.

“Sektor pertahanan Persebaya ada sebuah kelonggaran yang bisa kami manfaatkan. Dan saya tahu pasti Aji (Santoso), Uston (Nawawi) dan Bejo (Sugiantoro) tahu saya pasti mereka akan coba menyerang juga. (Pertahanan) begitu terbuka, saya pikir pemain cilik kami bisa merepotkan permainan Persebaya,” tutur Jacksen.

BACA:  Oktafianus Fernando Sudah Siap Bermain

Gol ketiga dan keempat Persipura pada menit ke-52 (M. Tahir) dan 87 (Ferinando Pahabol) akhirnya tercipta karena kelengahan lini belakang yang terlalu fokus menyerang. Kondisi semakin parah karena Rivky Mokodompit juga ragu mengantisipasi bola.

“Sebenarnya kalau kami berkaca kepada Persebaya, dari tengah kedepan sangat luar biasa. Tapi titik lemah mereka ada di sektor pertahanan dan kiper,” kata Jacksen.

Persebaya pun akhirnya harus menerima kekalahan 3-4 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Tiga gol Persebaya tercipta lewat David da Silva (42′), Mahmoud Eid (74′) dan Rendi Irwan (90′). (riz)

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display