AFF Club Championship Resmi Ditunda, Persebaya Ikuti Aturan

214
Foto: Rizka Perdana Putra/EJ

EJ -- Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) resmi menunda pelaksanaan AFF Club Championship (ACC) 2020. Rencananya, kejuaraan antar klub di Asia Tenggara itu akan diselenggarakan di tahun 2021.

Persebaya Surabaya, sebagai salah satu wakil dari Indonesia, mencoba memaklumi keputusan tersebut. Pelatih Persebaya, Aji Santoso mafhum jika ACC tidak mungkin diselenggarakan di tengah ancaman virus corona.

“Kami mengikuti aturan yang ada saja, karena memang situasinya tidak menentu, jadi diundur tahun depan tidak ada masalah. Menurut saya yang lebih saat ini memang mencegah dan menghindari virus corona,” ucap Aji pada Kamis (26/2/20).

Turnamen ACC sendiri mulanya akan diselenggarakan pada bulan Mei sampai November 2020. Namun, AFF merasa tidak punya cukup waktu untuk menyelesaikan ACC tepat waktu di tahun 2020 karena adanya ancaman virus corona.

Selain Kejuaraan ACC, AFF juga menunda beberapa turnamen regional lain seperti Kejuaraan Wanita AFF, Kejuaran Wanita AFF U-18, Kejuaraan AFF U-16 serta Kejuaraan AFF U-19.

“Karena situasi terus berkembang, kami akan terus mencermati dan tidak akan ragu untuk melakukan perubahan jadwal jika diperlukan,” kata Presiden AFF, Mayor Jenderal Sameth.

“Dalam setiap keputusan yang kami buat, AFF akan selalu memprioritaskan kesejahteraan dan komunitas sepakbola di ASEAN,” tambahnya.

Kini, masih belum dipastikan apakah wakil Indonesia di ACC bakal berubah setelah adanya penundaan tersebut. Sebelumnya, Persebaya bersama dengan Bali United berhak menjadi wakil Indonesia untuk ajang ACC 2020 karena berstatus runner-up dan juara Liga 1 2019. (riz)

Cegah Virus Corona, Suhu Badan Pemain Persebaya Dicek

Komentar Artikel