Jacksen F Tiago: Peran Media Sangat Penting Jika Liga Indonesia Kembali Bergulir

63
Jacksen F Tiago. Foto: Rizka Perdana Putra/EJ

EJ – Legenda Persebaya Surabaya, Jacksen F Tiago (JFT), memberikan pendapatnya terkait peran pentingnya media jika Liga 1 2020 kembali bergulir. Melalui tayangan langsung di instagram miliknya kemarin sore (14/5), JFT membahas mengenai kelanjutan sepak bola pasca Covid-19 bersama mantan pelatih fisik Barito Putera yang juga rekan Jacksen saat melatih Barito Putera musim 2017-2019.

Jacksen mengatakan peran media sangat penting jika liga kembali digulirkan karena kemungkinan liga tersebut tanpa penonton sedangkan animo suporter Indonesia luar biasa.

”Saya merasa dunia sekarang ini berbeda, kita sekarang tidak boleh melihat ke belakang kita harus melihat ke depan. Kita harus kreatif dan klub juga harus kreatif. Kalau saya peran media sangat luar biasa penting, Televisi maupun media online. Mungkin akses suporter hanya lewat televisi maupun media online dan peran media sangat luar biasa vital,” ungkap JFT.

Pelatih Persipura tersebut berkaca pada gelaran UFC yang mampu memberikan tayangan luar biasa meskipun tanpa adanya penonton di arena. “Tadi pagi ada UFC tanpa penonton dan peran dari televisi tersebut sangat luar biasa lebih dari yang dulu. Mungkin soal persaingan televisi/hak siar di Indonesia cukup besar. Sehingga mungkin ada sebuah momen atau kebijakan untuk televisi terbuka tanpa ada biaya bukan hanya TV kabel saja. Harus dirangkul oleh federasi (PSSI) karena dengan begitu kita dapat banyak mencapai lebih banyak penonton,” tambahnya.

JFT juga tak lupa berpesan di masa pandemi Covid-19 untuk tetap menjaga kesehatan. “Untuk teman-teman tetap jaga jarak, jaga kesehatan dan semua hati-hati namun jangan sampai ketakutan berlebihan karena hidup kita harus tetap berjalan,” ujar pria kelahiran Brasil tersebut. (osc)