Dari Penyemprotan Disinfektan Hingga Berbagi Nasi Kotak, Inilah Berbagai Kegiatan Sosial Bonek Selama Pandemi

369
Kegiatan Bonek Tribun Kidul berbagi sembako. Foto: Tribun Kidul

EJ – Berada di tengah-tengah pandemi covid-19, Bonek tentu tidak tinggal diam dalam melakukan gerakan kemanusiaan. Banyak komunitas yang melakukan aksi sosial dengan cara yang beragam. Mulai dari membagikan nasi bungkus hingga penyemprotan disinfektan di tempat-tempat umum seperti sekolah, tempat ibadah, dan panti jompo.

Berikut merupakan kegiatan-kegiatan sosial yang dilakukan oleh berbagai komunitas Bonek:

1. Green Nord

Komunitas Bonek tribun utara ini melakukan penggalangan donasi yang dapat berupa uang, disinfektan, APD, dan beberapa kebutuhan lain. Selain itu melalui divisi kemanusiaannya yang bernama Bonek Disaster Response Team juga dilaksanakan penyemprotan disinfektan di berbagai tempat umum seperti sekolah, tempat ibadah, dan panti jompo. Kegiatan lain yang dilakukan oleh Green Nord adalah kampanye One Man One Mask yang berhasil mendapatkan sebanyak 4.345 masker yang disebar ke berbagai daerah di Surabaya.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Greennord27 (@greennord.27) on

2. Tribun Kidul

Sama dengan Green Nord, komunitas yang berada di tribun selatan stadion GBT ini juga melakukan penyemprotan disinfektan di tempat ibadah. Tak hanya itu, tribun kidul juga mendonasikan APD dan logistik konsumsi ke Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Selain itu komunitas ini juga turun ke jalan untuk membagikan donasi sembako kepada yang membutuhkan.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by TRIBUN KIDUL SUROBOYO (@tribunkidul) on

3. Tribun Timur

Melalui komunitas Bonek Teluk yang berdomisili di Perak, Tribun Timur melakukan penyemprotan disinfektan di berbagai rumah di sekitar dan juga melaksanakan bagi-bagi takjil di jalan.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by OFFICIAL TRIBUN TIMUR (@officialtribuntimur) on

4. Gate 21

BACA:  Khitanan Massal Surabaya Jersey Community

Tribun yang didedikasikan untuk almarhum Jhonerly Simanjuntak ini juga melakukan penyemprotan disinfektan di berbagai daerah seperti rungkut dan menur pumpungan. Selain itu komunitas Gate 21 juga memberi donasi kepada korban longsor di Jember beberapa waktu yang lalu.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Gate21 (@gatejhoner21) on

5. Bonek Campus

Komunitas Bonek kampus-kampus di Surabaya ini melakukan kegiatan bagi-bagi sembako ke pihak-pihak yang membutuhkan

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Bonek Campus (@bonekcampus27) on

6. Bonek Heroes Campus

Komunitas Bonek dari mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) ini melakukan kegiatan sosial sebanyak dua kali. Pada 10 Mei 2020 mereka melakukan aksi berbagi yang bernama “Lawan Covid-19” dan dilanjutkan keesokan harinya melakukan agenda rutin tahunan setiap bulan ramadhan yaitu berbagi kepada yayasan panti asuhan.

7. Surabaya Jersey Community

Komunitas pecinta jersey di Surabaya ini memilik program yang bernama Ramadhan Berbagi dimana mereka melakukan beberapa aksi sosial. Diantaranya adalah berbagi nasi kotak ke sejumlah rumah sakit serta turun ke jalan untuk membagikan takjil bagi yang membutuhkan. (mni)

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Surabaya Jersey Community (@sjcsurabaya) on

 

Komentar Artikel