Liga Thailand Akan Bergulir 12 September dengan Kalender 2020-2021

1

EJ – Satu persatu liga di ASEAN telah memastikan kembalinya liga mereka akan bergulir. Setelah beberapa waktu lalu Vietnam mengumumkan bahwa liganya akan kembali pada Juni mendatang, kini giliran Thailand yang mengumumkan bahwa Thai League 1 2020 akan kembali bergulir pada 12 September 2020 dan akan berakhir pada 15 Mei 2021.

Sama seperti Vietnam, Thailand juga memodifikasi format liganya. Jika Vietnam menggunakan format satu putaran kemudian liga dibagi menjadi perebutan juara dan zona degradasi, Thailand memutuskan untuk menggulirkan liga dengan menggunakan dua tahun kalender yaitu 2020 dan 2021. Hanya saja penentuan jatah kelolosan tim Thai League ke Liga Champions Asia 2021 ditentukan berdasarkan hasil pada putaran pertama. Untuk kompetisi Liga Champions Asia 2021, Thailand mendapatkan jatah empat slot dengan rincian dua slot langsung lolos ke fase grup dan sisanya melalui babak playoff.

Sebelum liga dihentikan akibat pandemi, Thai League telah berjalan selama empat pekan dengan pemuncak klasemen Bangkok United yang meraih 12 poin dari empat laga. Sementara itu klub yang diperkuat timnas Indonesia Rudolof Yanto Basna PT Prachuap berada di peringkat 13 dan hanya mengemas satu poin dari empat laga.

Jika kondisi Indonesia telah memungkinkan untuk menggelar kompetisi liga, tidak ada salahnya PT LIB mencontoh format dari federasi Vietnam yang menggunakan format satu putaran plus ronde kedua ataupun federasi Thailand yang bermain pada dua tahun kalender. (mni)

Komentar Artikel

BACA:  Cara Suporter Klub Jerman Tetap 'Hadir' di Stadion Dukung Klubnya Saat Pandemi