Piala AFC U-19 Dan U-16 2020 Ditunda Tahun Depan

Rizky Ridho (berdiri paling kanan) saat menghadapi Bulgaria U-19 di Kroasia / Foto : PSSI
Iklan

EJ – Gelaran Piala AFC U-19 dan U-16 yang akan bergulir pada Oktober dan November 2020 resmi ditunda. Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) menggantinya menjadi awal tahun 2021. Penundaan diumumkan AFC setelah menggelar rapat virtual Komite Eksekutif pada Kamis (10/9).

Pada rilis yang dikutip dari laman pssi.org Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengatakan bahwa PSSI menghargai dan menghormati keputusan yang telah dibuat oleh AFC. Apalagi saat ini pandemi Covid-19 masih belum berakhir di hampir seluruh negara.

“PSSI mendukung keputusan AFC terkait penundaan Piala AFC U-19 dan U-16 tahun ini. Dengan ini tentunya tim pelatih akan mengubah program latihan. Kami berharap pemain tetap semangat dan berlatih terus untuk memberikan yang terbaik untuk timnas Indonesia,” kata Iriawan.

BACA:  Enam Pemain Dipanggil Timnas, Persebaya Ajukan Dispensasi

Dalam rilis AFC, mereka menyadari pandemi Covid-19 akan mempengaruhi kemampuan untuk menyelenggarakan beberapa turnamen itu.

Iklan

“Komite Eksekutif AFC menyadari bahwa pandemi telah mempengaruhi kemampuan AFC untuk menyelenggarakan kompetisi. Dengan pemikiran ini dan dengan mempertimbangkan kebutuhan untuk memprioritaskan kesejahteraan para pemain muda, serta tantangan perjalanan dan kesehatan, Kejuaraan AFC U-16 dan AFC U-19, yang dijadwalkan untuk Bahrain dan Uzbekistan, telah ditunda hingga awal tahun 2021,” tulis AFC dalam rilisnya.

Awalnya Piala AFC U-16 akan berlangsung pada pada tanggal 25 November hingga 12 Desember 2020 di Bahrain. Sementara itu, untuk Piala AFC U-19 akan berlaga di ajang ini pada 14 hingga 31 Oktober 2020 mendatang di Uzbekistan.

BACA:  Marselino dan Bramdani Dipanggil TC Timnas U-19

Presiden AFC, Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa, mengatakan, “Ini adalah masa-masa sulit bagi semua orang yang berhubungan dengan sepakbola dan olahraga secara umum. Kami mengambil langkah-langkah untuk memastikan kesejahteraan finansial AFC dan anggota kami.

“Saya yakin bahwa dengan persatuan dan solidaritas yang membuat AFC dikagumi di seluruh sepak bola, kami dapat mengatasi tantangan terbaru ini,” ujar Salman.

Terdapat beberapa nama dari Persebaya yang menghuni tim nasional baik U19 dan U16. Diantaranya adalah Ernando Ari (cidera), Rizky Ridho, Supriadi, Marselino Ferdinan, Ruy Arianto (cidera), Rangga Aditya.

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display