Oktafianus Fernando Berbagi Ilmu Sepak Bola

Oktafianus Fernando saat memberikan pelatihan di Lapangan Bogowonto/EJ

EJ – Kompetisi sepak bola Indonesia telah berhenti total akibat pandemic Covid-19 sejak pertengahan Maret lalu. Lanjutan kompetisi yang direncanakan mulai kembali Februari 2021 juga belum menemui kejelasan.

Semua klub dengan berhentinya kompetisi secara otomatis ikut terkena dampak secara keuangan. Melalui PSSI klub diberi surat untuk rasionalisasi gaji pemain. Bahkan sudah sampai dua kali.

Akibatnya gaji pemain dan staf tim mengalami pemotongan yang tidak sedikit dari nilai kontrak. Tentu saja kondisi perekonomian pemain juga sangat terdampak.

BACA:  Anniversary 2 Tahun Bonek Lintas Utara

Beberapa pemain memanfaatkan waktu tidak adanya kegiatan sepak bola dengan berbagai macam kegiatan atau bisnis untuk tetap menghasilkan nafkah bagi keluarganya.

Ada yang membantu bisnis keluarganya, menerima pekerjaan endorse melalui media sosialnya atau membantu pelatihan sepak bola.

Oktafianus Fernando, winger Persebaya salah satu pemain yang menerima endorse produk pada masa pandemi. Kakak kandung pemain tim nasional U-16 Marselino Ferdinan ini juga membantu istrinya yang mempunyai usaha kue dan sambal.

BACA:  Djanur Yakin Persebaya Akan Raih Poin

“Saya terima endorse di media sosial. Produk apa saja, mau produk olahraga, makanan, siap wis. Lumayan buat nyambung hidup,”kata Opan panggilan pemain bernomor punggung 8 ini.

Halaman 1 2 3

Komentar Artikel