LIB Siapkan Aturan Untuk Kehadiran Penonton Di Stadion

Bonek saat hadir di stadion/ Foto : Official Persebaya
Iklan

EJ – BRI Liga 1 2021/2022 akan mulai seri keduanya besok Jumat (14/10). Jelang seri kedua ini ada kabar baik tentang kemungkinan suporter bisa hadir dalam stadion.

Koordinator PPKM Jawa-Bali, Luhut Binsar Panjaitan, menyebutkan dalam press conference bahwa pertandingan sepak bola boleh dihadiri oleh penonton lagi. Dengan ketentuan, menyesuaikan dengan persyaratan yang sudah ditentukan pemerintah.

“Presiden minta dievaluasi. Penonton 30 persen di beberapa kota yang levelnya sudah memungkinkan. Itu dengan persyaratan misalnya PCR untuk pemain dan official, dan penonton mungkin di-antigen. Segera kami putuskan dan umumkan,” kata Luhut Binsar Panjaitan dikutip dari laman ligaindonesiabaru.com.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator Liga 1 dan Liga 2 menyambut keputusan pemerintah tersebut secara positif.

Iklan

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah tentang rencana dibukanya kembali penonton di sepak bola. Rencana tersebut menunjukkan bahwa pemerintah sangat peduli dan memerhatikan perkembangan yang terjadi,” kata Akhmad Hadian Lukita, Direktur Utama PT LIB, Kamis (14/10).

BACA:  Catatan Apik Persebaya Bersama Caretaker

Setelah mendapatkan informasi tentang rencana pemerintah untuk mengizinkan adanya penonton di pertandingan sepak bola tersebut, PT LIB sebagai operator kompetisi BRI Liga 1 2021/2022 dan Liga 2-2021 langsung berkoordinasi dengan PSSI dan pihak-pihak terkait.

Akan ada peraturan tentang dibukanya kembali penonton di pertandingan sepak bola BRI Liga 1 2021/2022 dan Liga 2-2021. Karena berhubungan langsung dengan kelancaran kompetisi, kata Akhmad Hadian Lukita, dibutuhkan perhatian dan komitmen semua pihak dalam menerapkan peraturan tersebut. Jangan sampai ada pelanggaran yang akhirnya merugikan banyak pihak. Selanjutnya akan dirumuskan beberapa informasi penting yang harus diketahui publik.

“Jika ada pelanggaran oleh suporter atau penonton, akan ada hukuman tegas. Pertama, klub akan mendapatkan sanksi tegas. Bisa dalam bentuk pengurangan poin atau yang lainnya. Tidak hanya itu, bagi kelompok suporter atau penonton yang melakukan pelanggaran tersebut, maka akan dilarang untuk kembali datang ke stadion,” tegas Akhmad Hadian Lukita.

BACA:  Di Tribun Surajaya, Bonek dan Lamongan Fans Nyanyikan Lagu-Lagu Persahabatan

Lebih lanjut dijelaskan bahwa peraturan tentang hadirnya kembali penonton di pertandingan profesional sepak bola itu, juga akan mengatur banyak hal-hal lain secara detail.

“Bukan cuma membahas ketentuan jumlah penonton, namun juga ada aspek lain yang harus diperhatikan. Seperti, penonton wajib menerapkan aplikasi pedulilindungi, kewajiban dua kali vaksin, sampai dengan teknis penjualan tiket secara online,” ujar Akhmad Hadian Lukita.

“Sekali lagi, ini tak mudah. Butuh komitmen bersama agar kompetisi tetap bergulir lancar dan menghibur,”pungkasnya.

Terakhir Liga 1 dihadiri penonton terjadi pada bulan Maret 2020 sebelum terhenti karena pandemi Covid 19.

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display