Samsul Arif : Iklim Kompetitif Dalam Tim Harus Kita Punyai

Samsul Arif saat melakukan latihan di Gelora 10 Nopember (24/1)/Foto : Official Persebaya
Iklan

EJ – Samsul Arif Munip striker Persebaya menjadi pemain tertua dalam tim pada musim kompetisi 2021/2022. Mantan striker nasional ini saat ini mempunyai peran penting terutama untuk Persebaya yang banyak dihuni pemain muda.

Samsul Arif mengatakan bahwa dirinya sangat menikmati persaingan dengan para pemain muda di bawah asuhan pelatih Aji Santoso. Sebagai pemain senior Samsul harus bisa menjadi contoh yang baik untuk para pemain muda.

Kehadiran pemain-pemain muda di Persebaya Surabaya tak membuat penyerang senior Samsul Arif merasa tersaingi. Samsul Arif justru menikmati persaingan untuk mendapatkan kepercayaan pelatih Aji Santoso.

“Iklim kompetitif di Indonesia sangat dinamis. Persaingan antar klub membutuhkan kesolidan dalam sebuah tim. Iklim kompetisi antar pemain dalam satu tim juga harus kita punyai,” kata Samsul menggambarkan persaingan antar pemain dalam tim.

Iklan
BACA:  David da Silva Sudah Mulai Berlatih

Menurutnya pada setiap pemain dibutuhkan ambisi dan tidak boleh cepat puas jadi tidak hanya kerja keras semata. Butuh persaingan antar pemain yang positif untuk mengejar juara.

Samsul pada beberapa kesempatan selalu mengatakan ingin memberikan sebuah contoh atau menjadi role model bagi para pemain muda. Karena menurutnya pemain muda tidak butuh kritikan dari pemain senior hanya membutuhkan contoh baik di dalam maupun di luar lapangan.

“Saya dan pemain senior tidak perlu memberikan motivasi harus begini dan begitu. Kami hanya berusaha menjadi role model. Mereka tidak perlu dikritik, mereka butuh role model baik di dalam maupun di luar lapangan,” terang mantan pemain Persibo ini.

BACA:  Persebaya Akhirnya Menang Lagi

Samsul menambahkan secara kualitas para pemain muda sangat bagus dan sama dengan senior. Yang membedakannya hanya masalah mental dan pengalaman.

Catatan Samsul sampai saat ini sudah bermain pada 13 laga dengan torehan 6 gol dan 2 assist menunjukkan bahwa pemain 37 tahun tersebut sangat pantas menjadi role model para pemain muda. Iklim persaingan internal yang dibangunnya secara tidak langsung membentuk mental para pemain muda.

Samsul Arif dkk akan kembali berlaga pada pekan ke-21 dengan menghadapi PSS Sleman pada tanggal 29 Januari 2022.

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display