Persebaya Minta Pembatasan Kuota Pemain ke Timnas

Iklan

EJ – Persebaya Surabaya meminta PSSI untuk melakukan pembatasan kuota pemain ke tim nasional. Bajol Ijo menuntut setiap klub mengirimkan maksimal dua pemain untuk Tim Merah Putih di satu event. Permintaan itu secara resmi telah dikirim manajemen Persebaya ke PSSI Senin (31/1).

Permintaan itu terkait gelara Piala AFF U-23 bulan depan di Kamboja. Ada beberapa alasan yang menjadi pertimbangan Persebaya mengajukan kuota maksimal.  Pertama, pelaksanaan Piala AFF U-23 bersamaan dengan jadwal kompetisi BRI Liga 1 yang saat ini digelar di Bali.

Benturan jadwal liga dengan memang masalah lama sepak bola tanah air. Oktober lalu Persebaya sempat mengajukan penundaan jadwal pertandingan melawan PSIS Semarang karena empat pemain dipanggil timnas untuk melawan Taiwan, namun operator Liga Indonesia Baru tidak menggubris.

BACA:  Isi Liburan, Staf Pelatih Persebaya Ini Nonton Piala Soeratin

Persebaya seperti halnya klub lain pun dalam dilema. Melepas pemain terbaik ke timnas adalah kewajiban untuk negara. Tetapi, di sisi lain,  situasi ini menyulitkan klub karena Liga 1 masih jalan. Apalagi, bulan Februari liga sangat padat, dan itu adalah periode penentuan juara.

Iklan

Alasan kedua,  situasi  dunia saat ini tengah dalam bayang-bayang  gelombang lanjutan penyebaran Covid-19 varian Omicron. Begitu juga dengan negara kita. Bahkan, saat ini sudah ditemukan beberapa pemain yang terpapar Covid-19. Persebaya sendiri, sudah ada tiga pemain yang terpapar dan tidak bisa tampil pada laga pekan ke-21 lawan PSS Sleman, (27/1).

Sejauh ini,  kendati disiplin dan penerapan protokol kesehatan yang ketat telah dilakukan, tetapi belum ada jaminan kejadian ini akan mereda.  Pemain dan ofisial masih rentan untuk terpapar. Bila ini terus berlanjut, sudah pasti akan makin mereduksi kekuatan tim.

BACA:  Empat Pemain Persib Absen, OK John dan Maitimo Tak Bisa Tampil

”Karena itu, kami mohon PSSI bisa mempertimbangkan permintaan ini. Kami tahu, permintaan ini tidak populer. Tetapi, kondisi yang ada mengharuskan seperti itu,” kata Candra Wahyudi, manajer Persebaya Surabaya. ”Terkecuali, PSSI dan LIB bisa lakukan sinkronisasi agenda timnas dan kompetisi,” lanjutnya.

Persebaya akan kembali berlaga pada hari Rabu 2 Februari 2022 menghadapi PSIS Semarang. Saat ini ada lima pemain Persebaya yang ada di tim nasional yang kemarin berlaga menghadapi Timor Leste.

 

 

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display