Ayo Rek, Berikan Kado Ultah ke-95 Persebaya di Bandung

Aksi Bonek di GOR Pajajaran 2017 . (Foto: Joko Kristiono/EJ)
Iklan

Tahun ini, Persebaya Surabaya akan genap berusia 95 tahun. Tepatnya Sabtu, 18 Juni 2022 lusa. Kebetulan, sehari sebelumnya Arek-arek Green Force akan berlaga melawan Persib Bandung dalam lanjutan laga penyisihan grup C Piala Presiden 2022 yang dihelat di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Seperti diketahui pada laga perdana, Bajol Ijo ditahan 1-1 oleh Bhayangkara FC. Gol Andersson Salles di injury time, menghapus pundi-pundi bonus Alwi Slamat dan kawan-kawan.

Tapi sudahlah, lupakan pertandingan yang lalu. Apapun hasilnya, toh jadi ini turnamen yang hanya untuk mencari pola yang pas bagi skema racikan Aji Santoso sebagai pelatih kepala.

Juga untuk menambah menit bermain bagi talenta muda sebagai rekrutan anyar untuk musim ini. Dipadukan dengan pemain asingnya.

Iklan

Yang ingin saya tekankan di sini adalah harapannya pemain mau dan mampu menunjukkan kualitasnya di tim kebanggaan Arek-arek Suroboyo ini.

BACA:  Motivasi dari Lapangan Karanggayam

Di usia yang hampir seabad, tentunya bukan tim sepele. Sejarah panjang tertoreh di setiap jengkal masa yang dilalui.

Dan tradisinya, malam jelang pergantian hari ke 18 Juni, Bonek pasti berpesta pora di depan Stadion Gelora 10 Nopember, Tambaksari. Selain ada tasyakuran tipis-tipis di masing-masing komunitas seantero jagad.

Kebetulan tahun ini Persebaya harus berlaga di Bandung. Kota yang juga penuh historis bagi klub sepak bola yang juga salah satu pendiri PSSI ini.

Kesampingkan perseteruan antara Bonek dengan Bobotoh pada masa silam. Karena masa lalu yang kelam harus bisa dijadikan pelajaran untuk menapak masa depan yang lebih baik bagi sepak bola Indonesia.

BACA:  BNPB Restui Kompetisi Liga 1 2020 Digelar Kembali

Di Paris van Java, Persebaya pernah dikembalikan oleh federasi lewat kongres, Minggu (8 Januari 2017). Pasca dualisme keparat yang mengharuskan Bonek berdarah-darah mempertahankan sebuah Pride. Karena DNA Bonek adalah nyali pahlawan yang gagah berani melawan penindasan.

10 bulan kemudian, tepatnya Selasa (28 November 2017), Rendi Irwan dan kawan-kawan juara Liga 2 di Stadion GBLA.

Ayo Rek, torehkan namamu dengan tinta emas sebagai bagian sejarah Persebaya di ulang tahunnya ke-95. Padamkan Bandung lautan api dengan main ngeyel dan ngosekmu.

Ribuan Bonek akan mendukungmu sekaligus merayakan ulang tahun ke-95 Persebaya di stadion.

Salam satu nyali, WANI !

Joko Kristiono

Kamis 16 Juni 2022
18.45 WIB
Ditulis di atas kereta Pasundan menuju Bandung

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display