Jadilah Leader Bukan Boss

Bonek di Gelora Bung Tomo/Foto : Official Persebaya

Dalam dunia pekerjaan, mungkin rekan-rekan sudah sering mendengar istilah Jadilah Leader bukan menjadi Boss“. Secara garis besar Bos dan Leader memiliki perbedaan yang cukup berbanding terbalik, sekalipun tugasnya sama, yaitu memimpin jalannya sebuah organisasi.

Menurut Higher Studies, boss adalah sosok yang mendominasi orang lain, baik secara gelar, status, atau cara kerja. Sementara itu, leader adalah sosok yang membimbing dan memberi pedoman, sehingga orang-orang yang dipimpinnya dapat bekerja lebih baik.

BACA:  Persebaya Tumbang Di Kandang

Tiga tahun yang lalu, saya masih mengingat betul saat Bonek Gruduk Sutos, usai pertandingan Persebaya vs Arema. Kedatangan ratusan Bonek bertujuan meminta pertanggungjawaban atas hasil buruk yang diterima Persebaya.

Hal yang masih teringat saat itu, Azrul Ananda datang sambil menunjuk kawan supporter dengan berteriak “ DUDUK !! “, sikap kurang elegan bagi saya sudah memberikan acungan jempol kebawah, karena sikap arrogan beliau ini yang membuat saya berfikir bahwa sepertinya orang ini akan sulit diajak berbicara untuk mencari solusi disetiap permasalahan.

BACA:  Pemain Pinjaman Berpeluang Kembali ke Persebaya

Tipikal Boss seperti ini akan mencari sebuah kebenaran dalam dirinya, terbukti kekhawatiran saya terjadi juga dilive streaming Persebaya tgl 16 September 2022 kemarin. Saya membayangkan bagaimana capeknya rekan Bonek kepada  Azrul Ananda.
Setiap menitnya kami selalu disuguhi setiap prestasi yang dihasilkan oleh beliau, mulai membahas soal pemain hingga soal Marcelino yang sudah ada sejak umur 12 tahun.

Halaman 1 2 3 4 5

Komentar Artikel