Liga 3 dan Piala Soeratin U17 Jatim Batal Digelar

Persebaya U13 Piala Soeratin Kota Surabaya
Iklan

EJ – Tidak ada kompetisi Liga 3 Jatim untuk musim 2022. Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Timur memutuskan tidak menggelar kompetisi Liga 3 2022. Keputusan ini diambil berdasarkan hasil rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI pada Senin, (12/12) di Sekretariat Asprov PSSI Jatim.

Rapat Exco dihadiri oleh Ketua Umum Asprov PSSI Ahmad Riyadh, Wakil Ketua Amir Burhannudin, dan anggota Exco dr Dyah Wijayanti, H Thoriq, Yudi Meira, Purwanto dan Johan Susanto.

Ketua Asprov PSSI Jatim Ahmad Riyadh mengungkapkan alasan tak digelarnya kompetisi amatir tingkat regional Jatim itu karena penyesuaian peraturan polisi (Perpol), di mana dalam segi infrastruktur banyak stadion klub Liga 3 yang tak memenuhi standar. Selain itu waktu yang terlalu mepet dengan timeline Liga 3 putaran nasional.

BACA:  Persebaya Bentuk Tim Untuk Liga 3, Mat Halil Jadi Asisten Pelatih

“Semua Exco sepakat tidak melanjutkan rencana menggelar kompetisi Liga 3 PSSI Jatim karena kami taat dengan peraturan polisi dan menghindari sesuatu yang tidak diinginkan. Saya pikir, Tragedi Kanjuruhan menuntut semua pelaku sepak bola untuk berbenah,” ujar Riyadh dikutip dari laman resmi pssijatim.com.

Iklan

Menurut Riyadh Perpol yang baru, proses pengajuan izin kepolisian minimal 60 hari sebelum pelaksanaan kegiatan, sehingga cukup memakan waktu.

Selain tentang Liga 3 Jatim rapat Exco ini juga menghasilkan keputusan untuk tak menggelar kompetisi Soeratin U17 dan Piala Pertiwi di tingkat provinsi. Sementara itu, untuk kompetisi kelompok umur untuk kategori U13 dan U15 tetap diputar di tingkat Asprov PSSI Jawa Timur.

“Untuk level pembinaan dan pembibitan harus tetap jalan. Karena selain minim risiko, kita harus terus melakukan pembinaan usia dini agar regenerasi sepak bola kita tidak boleh mandek,” kata H. Thoriq, anggota Exco PSSI Jatim.

BACA:  Kalahkan Suryanaga Connection, Kota Pahlawan Menang Tandang

Selain soal kompetisi rapat Exco PSSI Jatim kali ini juga menghasilkan keputusan bahwa Purwanto ditetapkan sebagai Plt Askot PSSI Kediri, dan Johan Susanto sebagai Plt Askab Bangkalan. Kedua pelaksana tugas Askot dan Askab ini akan bertugas menggelar Muskot atau Muskab dengan agenda pemilihan ketua yang baru.

Adapun hasil keputusan rapat juga mencalonkan Ketua Umum Asprov PSSI Jatim Akhmad Riyadh maju dalam pencalonan Wakil Ketua PSSI dalam Kongres PSSI Luar Biasa yang akan digelar pada 16 Februari 2023 mendatang.

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display