Kaesang Pangarep Diusung Persebaya Jadi Ketua Komite Pemilihan KLB PSSI

Kaesang Pangarep kedua dari kiri saat bertemu manajemen Persebaya beberapa waktu lalu/Foto:Official Persebaya
Iklan

EJ – Tahapan Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI sudah dimulai. KLB PSSI dilaksanakan pada bulan Februari 2023 akan memilih ketua federasi yang baru.

Sebelum KLB, PSSI akan melangsungkan kongres tahunan yang berlangsung mulai hari ini 14 – 15 Januari 2023 di Jakarta. Salah satu agenda yang dibahas adalah pembentukan Komite Pemilihan dan Komite Banding Pemilihan.

Kedua badan independen ini, nantinya yang akan bertugas menerima dan menyeleksi kelayakan pada bakal calon ketua umum, wakil ketua umum dan komite eksekutif PSSI.

Persebaya Surabaya mengusulkan Kaesang Pangarep sebagai  Ketua Komite Pemilihan. Menurut Persebaya putra Presiden Joko Widodo ini dinilai layak dan miliki integritas untuk menduduki jabatan tersebut.

Iklan
BACA:  Masih Ingin Bertahan, Alfredo Pasrahkan Nasibnya di Tangan Azrul Ananda

“Kami telah mengirim surat tertulis ke PSSI untuk bisa dibahas di kongres. Membawa nama Mas Kaesang untuk dipilih sebagai Ketua Komite Pemilihan,”terang Direktur Persebaya Candra Wahyudi.

Hasil  kerja Komite  Pemilihan ini, nantinya akan dibawa dalam Kongres Luar Biasa Pemilihan PSSI yang digelar Februari 2023.

Dengan peran strategis dari Komite Pemilihan ini kata Candra, sosok Kaesang sangat tepat. CEO Persis Solo ini paham dan miliki spirit yang sama dengan Persebaya untuk lakukan tata kelola sepak bola nasional ke arah yang lebih baik.

BACA:  Yahya Alkatiri Kritik TC Jangka Panjang Timnas

“Beliau orang tepat untuk mengemban tugas ini,”tandasnya.

Ada dua jalur dalam penentuan Komite Pemilihan. Satu melalui usulan para pemilik suara yang diajukan ke Komite Eksekutif PSSI. Selanjutnya, Komite Eksekutif memilih sejumlah nama dan dibawa ke Kongres untuk dimintakan persetujuan.

Cara kedua, yakni pemilik suara bisa langsung mengusulkan nama di arena Kongres PSSI. Kemudian dipilih bersama para voter. Salah satu syaratnya, calon yang diusulkan ini bersedia dan hadir di kongres PSSI.

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display