Keputusan Sarasehan Sepak Bola Liga 1 dan Liga 2

Ratu Tisha wakil ketua umum PSSI di Sarasehan Sepak Bola/Foto: PSSI
Iklan

EJ – PSSI dengan ketua barunya Erick Thohir menyelenggarakan Sarasehan Sepak Bola Liga 1 dan Liga 2 di Hotel Sheraton Surabaya tanggal 4 Maret 2023.

Dalam sarasehan tersebut melalui Erick Thohir PSSI bertekad membawa kompetisi di Indonesia menjadi yang terbaik di Asia Tenggara.

‘’Apakah kita (PSSI) mampu? Saya optimistis mampu mengalahkan Thailand dan Vietnam terkait dengan kompetisi,’’ kata Erick Thohir dikutip dari pssi.org.

Itulah yang akan dituju dengan diadakannya sarasehan sepak bola di Surabaya ini.

Iklan

‘’Banyak yang hal kita bicarakan di sarasehan. Kita bicara bisnis, kompetisi yang ideal dan bagus, dan ujung-ujungnya tujuannya adalah menyehatkan klub. Kalau pemilik klub harus bakar duit terus, ya klub itu pasti tidak akan sehat. Saya kira kita sepakat semua ingin maju, ingin klub sehat, dan tentu ujungnya adalah tim nasional yang tangguh,’’ imbuh Erick.

Erick pun memberi contoh soal pendapatan liga-liga di dunia (bukan saja Liga Sepakbola). Salah satu contoh soal market value NBA yang mencapai US$8 miliar. Demikian juga dengan Serie A, Bundesliga, La Liga, Premier League, dll.

BACA:  Bagaimana Sikap Bonek Jika Pembekuan PSSI Dicabut?

‘’Jadi mereka belum bertanding saja sudah untung. Jadi ke depan kita ingin seperti itu. Apakah bisa? Bisa. Saya yakin. Ke depan akan ada sarasehan dengan Liga 3, Asosiasi Provinsi , jambore suporter dan kita juga bicara bisnis. Liga sepakbola itu bukan komunitas yang eksklusif. Kita bersaing dengan negara lain. Jadi banyak hal yang akan kita lakukan,” tambahnya.

Azrul Ananda hadir dalam acara sarasehan sepak bola/Foto : Oscar Baadila

Dalam sarasehan dengan Klub Liga 1 dan Liga 2 juga telah disepakati beberapa hal.

Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisha menambahkan untuk Liga 1 musim depan berganti nama menjadi Liga Indonesia. Sedangkan Liga 2 menjadi Liga Nusantara.

‘’Semuanya, apakah itu Liga 1 dan Liga 2 akan memperebutkan trofi Piala Presiden. Jadwal kapan Liga 1 dan 2 mulai juga sudah kita tetapkan,’ ujar Tisha.

BACA:  Empat Tim Liga 1 Belum Menentukan Kandang

Berikut keputusan saresehan Liga 1 dan Liga 2:

  1. Kalender kompetisi antara liga 1 dan 2 akan seminimal mungkin beririsan satu sama lain, hal ini guna meningkatkan nilai komersial dan keolahragaan bagi Liga 2, agar kualitasnya naik secara signifikan. Liga 2 akan memiliki slot tersendiri yang tidak beririsan dengan Liga 1,  sehingga fans & suporter Liga 2 bisa menikmati sepakbola dengan lebih meriah

2. Proteksi ekosistem bisnis Liga 1 dan Liga 2 yang akan dibangun dengan kepastian jadwal dan perizinan secara terpusat

3. Regulasi dan format kompetisi yang ditentukan dengan lebih menarik, dengan adanya sistem play-off

4. Klub Liga 1 dan klub Liga 2 sepakat untuk menatap ke depan mempersiapkan tim untuk musim 2023/2024, dan di sela waktu khusus untuk Liga 2 akan dibuat mini turnamen untuk mempersiapkan tim

 

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display