Keterangan Resmi Persebaya Terkait Penggunaan Stadion PTIK

Andre Oktaviansyah saat melakukan latihan jelang lawan Arema FC di Stadion PTIK Jakarta, Senin (10/4)/Foto:Official Persebaya
Iklan

EJ – Persebaya akan menjamu Arema FC pada laga tunda pekan ke-28 Liga 1 2022/2023 di Stadion PTIK Jakarta, Selasa (11/4) malam ini tanpa penonton.

Sepak bola Indonesia tak lagi sama setelah Tragedi 1 Oktober 2022. Banyak klub harus menjalani laga home maupun away mereka dalam kondisi new normal. Banyak laga dilaksanakan tanpa penonton atau tanpa suporter tamu karena mekanisme pengamanan.

Melalui website resmi klub nmenejemen Persebaya memberikan keterangan terkait penggunaan stadion PTIK untuk menjamu Arema FC. Masalah perizinan stadion menjadi alasan utama Persebaya tidak bisa menjamu Arema FC di kandang sendiri.

Stadion Joko Samudro Gresik, markas sementara Persebaya di putaran kedua musim ini, tidak bisa digunakan karena Pemkab Gresik selaku pemilik stadion punya agenda lain di sana yang waktunya bersamaan.

Iklan
BACA:  Bonek Bondowoso Bagikan Ribuan Masker Di Pasar Induk

Sementara untuk Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) yang merupakan kandang sebenarnya Persebaya, ternyata juga belum bisa digunakan meski Piala Dunia U-20 sudah batal. Stadion terbesar di Jawa Timur itu masih dalam pengelolaan Kementerian PUPR dan belum diserahterimakan lagi ke Pemkot Surabaya.

Ketua Panpel Persebaya Ram Surahman mengakui bahwa mereka sudah mengetahui informasi terkait kondisi tersebut sejak awal Maret lalu.

”Itu yang membuat kami memutuskan pertandingan melawan Arema ini lebih baik dilaksanakan di zona netral saja. Kami sendiri yang datang ke Jakarta untuk mengurus perizinan,” tegasnya,” kata Ram.

Laga Persebaya melawan Arema ini sejatinya harus berlangsung pada 3 Maret lalu. Namun, harus tertunda karena tidak ada izin penggunaan stadion.

”Kenangan tragis Tragedi 1 Oktober di Kanjuruhan masih terngiang-ngiang. Itu menjadi salah satu faktor kami kesulitan mendapatkan izin pemakaian stadion. Bagaimana pun, kami harus berusaha semaksimal mungkin agar laga melawan Arema ini jangan sampai tertunda lagi,” lanjutnya.

BACA:  Lawan Persik, Manajemen Persebaya Siapkan Sajian Khusus

Persebaya rela menjalani partai home di PTIK, dengan biaya yang seluruhnya ditanggung Persebaya, demi kepentingan sepak bola nasional yang lebih besar.

Sebagaimana diketahui, Liga 1 musim ini ditargetkan harus selesai sebelum Lebaran. Artinya, kalau ditunda lagi, maka penundaan laga Persebaya vs Arema akan berlarut-larut. Kalau sampai harus dilaksanakan setelah Idul Fitri, maka akan mengganggu jadwal pra musim Persebaya maupun klub-klub lain.

”Semoga Tragedi 1 Oktober tidak terulang lagi, dan kita semua bisa menjalani partai home dengan semestinya, di kota sendiri, dengan penonton termasuk suporter tim tamu, seperti saat kita menjamu Persija beberapa waktu lalu,” tutup Ram

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display