Persebaya: Lisensi Klub AFC Cup Lolos, AFC Champions League Dengan Catatan

Ketua Komite Klub Lisensi Timmy Setiawan dengan anggota Asep Saputra, Juninho Widjaja, M Hanafing Ibrahim, dan Yakub Adi Krisanto./Foto: PSSI
Iklan

 EJ – PSSI melalui rapat Komite Lisensi Klub yang dilakukan di Jakarta, Rabu (17/5) memutuskan beberapa hal terkait dengan musim lisensi 2022/ 2023.

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua Komite Klub Lisensi Timmy Setiawan dengan anggota Asep Saputra, Juninho Widjaja, M Hanafing Ibrahim, dan Yakub Adi Krisanto.

Persebaya tahun 2023 dinyatakan lolos sebagai salah satu klub pada verifikasi lisensi klub AFC Cup.

Selain Persebaya yang dinyatakan lolos lisensi klub AFC Cup adalah Bali United FC, Borneo FC, Madura United FC, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar.

Iklan

Ada lima unsur yang menjadi kewajiban klub untuk bisa lolos verifikasi lisensi yaitu sportinginfrastructure,  personel & administration, legal, dan finance. Kelimanya harus terpenuhi dan mendapat penilaian secara ketat. Apabila ada satu unsur tidak terpenuhi maka klub tersebut tidak lolos verifikasi.

BACA:  Perwakilan Bonek Kunjungi Robertino Pugliara

”Alhamdulillah akhirnya kita lolos lisensi klub AFC yang mana ada tiga kategori yaitu AFC Champions League, AFC Cup, Nasional lisensi atau Liga 1,” kata Ram Surahman sekertaris tim dikutip dari laman resmi klub.

Keputusan tersebut tertuang dalam surat Komite Lisensi Klub PSSI bernomor 007/CLC-PSSI/V/2023 yang diterima Persebaya.

Sekretaris Persebaya Ram Surahman mengatakan, Persebaya akan terus menyesuaikan standar AFC pada setiap tahunnya. Hal tersebut dibutuhkan saat Bajol Ijo lolos bermain di AFC Cup atau Liga Champion Asia. Tanpa lisensi itu, satu klub tidak akan bisa berlaga di level Asia.

Komite Lisensi Klub PSSI juga menetapkan Persebaya bersama lima klub lainnya dengan status Granted with Sanction untuk regulasi AFC Champions League.

BACA:  Aji Santoso : Rivalitas Hanya 90 menit

”Sementara untuk AFC Champions League ada sejumlah catatan. Kedepan tentunya kita akan penuhi,” tambah Ram.

Catatan yang diterima Persebaya untuk lolos lisensi AFC Champions League adalah memenuhi syarat lisensi untuk pelatih kiper dan pelatih fisik.

Klub lisensi untuk musim 2022/2023 ini telah dimulai sejak bulan November 2022 dan akan berakhir pada 17 Mei 2023 melalui rapat Komite Lisensi Klub. Adapun jika ada klub yang akan menyatakan banding, batas waktu hingga 24 Mei 2023.

Departemen klub lisensi PSSI ini akan melaporkan hasil keputusan final lisensi klub musim 2022/2023 pada tanggal 30 Mei 2023 kepada AFC (Asian Football Confederation).

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display