Wasit Liga 1 dan 2 Ikuti VAR Education

VAR Education yang diselenggarakan PT Liga Indonesia Baru di Jakarta/Foto:LIB
Iklan

EJ – Persiapan untuk menerapkan Video Assistant Referee (VAR) di kompetisi profesional Indonesia terus dilakukan. Usai akhir bulan lalu menggelar Kick off VAR Meeting Liga Indonesia bareng FIFA, kali ini diselenggarakan VAR Education untuk wasit.

Kegiatan VAR Education untuk sang pengadil lapangan itu diselenggarakan di Jakarta pada 5-7 Juli 2023. Dalam agenda ini, diikuti 42 wasit. Terdiri dari 18 wasit yang akan bertugas di BRI Liga 1 2023/24 dan 24 wasit yang nantinya akan bertugas di Liga 2 2023.

Direktur Operasional LIB sekaligus VAR Project Leader, Asep Saputra menyebut VAR Education untuk wasit merupakan bagian dari proses menuju diterapkannya teknologi VAR di kompetisi BRI Liga 1 2023/24. Menurutnya, banyak hal yang harus dipahami dan diperhatikan oleh sang pengadil lapangan.

“Pada prinsipnya kami berharap semua wasit punya pemahaman yang sama tentang penggunaan VAR sehingga akan berdampak pada kualitas pertandingan. Kami menyadari itu butuh proses yang lama dan sangat detail. Kami berharap enam bulan ke depan, semua wasit sudah memahai dan siap untuk diterapkannya VAR. Perlu diketahui, bagi wasit, ini adalah VAR Education yang pertama. Masih ada pertemuan berikutnya,” terang Asep, Rabu (5/7).

Iklan
BACA:  Persebaya Siap Jalani Kompetisi Liga 1 2023/2024

Banyak materi dalam agenda tersebut. Seperti VAR Protokol BasicsVar New Way to DecideVAR LineIntervention ChallengesIntervention Hand Ball, hingga Intervention Fouls.

Beragam materi itu dijelaskan selama dua hari oleh VAR Lead Instructure dari FIFA, Subkhidin. Khusus hari pertama, membahas terkait VAR Protokol Basic dan VAR New way to decide.

“Agenda ini sangat penting bagi kami. Karena biar bagaimana pun butuh hal-hal baru untuk update kemampuan kami. Apalagi terkait VAR yang harus kami pahami sejak awal,” ujar salah satu peserta yang sudah mengantongi lisensi FIFA, Thoriq Alkatiri.

BACA:  Gak Ada VAR Tapi Gak Gini Juga

Sementara nama-nama wasit yang bertugas di BRI Liga 1 2023/24 ada nama-nama seperti Thoriq Alkatiri, Yudi Nurcahya, Asep Yandis, Bangkit Sanjaya, Rio Putra Permana, M Erfan Efendi, Abdul Aziz, Agus Fauzan Arifin, Aidil Azmi, Armyn Dwi Suryatin, Gedion Dapaherang, Ginanjar Rahman Latief, Naufal Adya Fairuski, Nendi Rohaendi, Ryan Nanda Saputra, Choirudin, dan Zetman Pangaribuan.

Sementara dari wasit Liga 2 2023 ada Aprisman Aranda, Cahya Sugandi, Sance Lawita, Agung Setiyawan, Mansyur, Tomi Manggopa, Agus Walyono, Amri Nurhadi, Axel Febrian Sinaga, Bagus Kurniawan, Candra, Eko Saputra, Fibay Rahmatullah, Hamdi, Irfan Wahyu Wijanarko, Irul Hidayat, Louis Ridho Muhammad, Muhammad Iqballuddin, Muhammad Tri Santoso, Pipin Indra Pratama, Steven Yubel Poli, Subro Malisi, Totok Fitrianto, dan Ridwan Pahala.

 

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display