Persebaya Menuntut PSSI Hukum Berat Wahyudi Hamisi dan Wasit Ginanjar

Bruno Moriera saat selebrasi usai mencetak gol ke gawang PSS Sleman di Gelora Bung Tomo/Foto : Official Persebaya
Iklan
EJ – Insiden pelanggaran Wahyudi Hamisi pemain PSS Sleman terhadap Bruno Moriera gelandang Persebaya berujung surat protes Persebaya ke komisi disiplin PSSI. Manajemen Persebaya mengeluarkan rilis tentang surat protes tersebut.
Hari ini, Senin (4/3) Persebaya Surabaya berkirim surat ke PSSI. Surat dengan nomor 127/PT.PI-III/2024 ini ditujukan kepada Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Isi surat ini meminta  Ketum PSSI untuk mengambil langkah-langkah yang diperkukan dan terukur terkait pertandingan Persebaya vs PSS Sleman pada Minggu, 3 Maret 2024 yang berakhir dengan skor 2 – 1.
Ada dua poin yang diminta Persebaya untuk mendapat perhatian serius dari  PSSI.
Pertama, terkait aksi pemain PSS Sleman Wahyudi Hamisi. Pemain dengan nomor  punggung 33 ini melakukan tindakan keras dan mengarah mencederai lawan pada menit ke-19. Dimana dengan dalih merebut bola, dia dengan sengaja menendang kepala pemain Persebaya Bruno Moreira yang saat itu terjatuh.
Dan wasit yang berada di depan kejadian ini hanya memberikan kartu kuning.
Apa yang dilakukan Wahyudi Hamisi ini termasuk kategori Violent conduct, yang harusnya layak dikartu merah. Serta Kode Disiplin PSSI Tahun 2023 Pasal 48. Sebagai informasi, momen ini telah diunggah di akun sosmed Indosiar TV, dan berujung pada hujatan dari netizen atas aksi  Wahyudi Hamisi.
Bagi  kami ini, seperti mengulang momen horor pada Kompetisi Liga 1 tahun 2018/2019, dimana Wahyudi Hamisi yang saat itu bermain untuk Borneo FC melakukan pelanggaran mematikan pada Robertino Pugliara di Stadion Gelora Bung Tomo. Tackling dua kaki yang dilakukan membuat Robertino Pugliara tidak bisa melanjutkan karir sepakbola.
Kedua, Kepempimpinan wasit Ginanjar Rahman yang kurang tegas dan cenderung abai dalam menerapkan law of the game. Akibatnya, pertandingan berjalan keras dan menjurus kasar.  Beberapa kali harus terhenti karena insiden antar pemain kedua tim.  Bisa dilihat dari keluarnya 11 kartu kuning di pertandingan ini. Sebanyak 6 kartu kuning untuk pemain PSS Sleman dan 5 kartu kuning untuk pemain Persebaya Surabaya.

Komentar Artikel

BACA:  Andhika Ramadhani dan Ripal Wahyudi Siap Hadapi Kompetisi
Iklan

No posts to display