Kulonuwun Jakarta, Rombongan Terakhir Bonek via KA Berangkat

Bonek membentangkan spanduk "Kulonuwun Jakarta" sebelum berangkat.

EJ – Tepat pukul 21.00 WIB, empat gerbong yang mengangkut Bonek berangkat dari Stasiun Pasar Turi, Senin, 1 Agustus 2016. Mereka naik KA Kertajaya jurusan Jakarta.

Selepas maghrib, ratusan Bonek mendekati Stasiun Pasar Turi lengkap dengan atribut Persebaya dan Bonek. Nampak beberapa kompi pasukan dari Kepolisian berjaga-jaga di halaman stasiun. Mereka mengamankan keberangkatan Bonek agar lancar. Tak ada ketegangan seperti yang terjadi tadi siang di Stasiun Gubeng.

Andie Peci dan beberapa Bonek diwawancarai beberapa stasiun televisi yang antusias meliput keberangkatan Bonek. Para penumpang dan masyarakat yang ada di stasiun juga antusias melihat kehadiran ratusan Bonek.

Bonek yang tidak bisa berangkat memberikan logistik berupa makanan dan minuman untuk Bonek yang berangkat.

Dungoku gawe awakmu kabeh dulur. Seng teko estafet maupun tret tret tret. Selamat berjuang Rek!” ujar Bonek bernama Nurachman menyemangati Bonek yang berangkat ke Jakarta.

Sebelum berangkat, Bonek membentangkan spanduk bertuliskan “Kulonuwun Jakarta”. Bonek meminta ijin kepada tuan rumah untuk bisa menerima mereka berkunjung di ibukota. Selesai membentangkan spanduk, Bonek memasuki peron dan kereta dengan tertib.

Aksi Gruduk Jakarta akan dimulai pada 2 Agustus dan dipusatkan di Stadion Gelora Bung Karno. Diperkirakan 3.000-an Bonek akan memadati kawasan itu. Saat ini, sebagian Bonek yang sudah berada di Jakarta ditampung di Stadion Tugu, Jakarta Utara. (iwe)

BACA:  Panser Biru Buka Posko Untuk Bonek dan Kirim Wakil ke Jakarta