Parade Bela Persebaya Berjalan Tertib dan Sukses

130
Aksi Bonek dalam Parade Bela Persebaya. (Foto: Bonek Menur)

EJ – Ribuan Bonek melakukan long march dari kawasan Tugu Pahlawan menuju Balaikota dalam acara Parade Bela Persebaya. Acara ini digelar Senin, 26 Desember 2016.

Berbagai atraksi dan kreasi ditampilkan Bonek yang terbagi dalam beberapa kelompok yang berasal dari semua kecamatan di Surabaya. Meski begitu, Bonek yang mengikuti parade ini juga berasal dari luar Surabaya.

Selain spanduk dan banner, Bonek juga membuat boneka buaya raksasa yang diarak sepanjang jalan. Ada juga miniatur stadion yang berisi para pemain Persebaya. Ada juga yang membawa nyambik sambil menunggang kuda.

Dalam parade terlihat pejabat PT PI (Persebaya Indonesia) yakni Kardi Suwito. Kardi mengajak keluarganya mengikuti parade yang dimulai pukul 09.00 WIB ini. Mantan pemain Persebaya era 60-70an Sapoen Husin juga hadir memeriahkan acara.

“Ini merupakan upaya pressure dari Bonek untuk PSSI segera mengesahkan kembali Persebaya dan bisa berlaga,” ujar Andie Peci seperti dikutip dari Detik.

Sepanjang jalan, Bonek menyanyikan lagu-lagu dukungan untuk Persebaya. Mereka terlihat bersemangat meski harus berjalan lebih dari 5 km. Semua dilakukan sebagai bentuk kecintaan kepada Persebaya. Selain itu, mereka juga ingin PSSI segera mengakui Persebaya sehingga bisa berlaga di kompetisi resmi.

“Saya harap kabinet PSSI yang baru tidak lupa dengan keberadaan Bonek dan Persebaya. Aksi hari ini adalah bukti sahih bahwa kami masih berada di sini dan memperjuangkan semuanya. Semoga Persebaya bisa kembali sesuai dengan janji mereka,” ungkap Peci seperti dilansir dari Jawa Pos.

Aksi Bonek ini berakhir pada pukul 13.00 WIB. Secara keseluruhan, aksi berjalan lancar. Aparat keamanan dari Polrestabes Surabaya mengamankan jalannya aksi dengan baik dan tidak menemukan kendala berarti. Tertibnya Parade Bela Persebaya mendapat apresiasi dari pihak keamanan. (iwe)

BACA:  Ini Daftar Kontak Camat Untuk Koordinasi Parade Bela Persebaya