Hatur Nuhun, Bandung Ramah Buat Bonek

EJ – Bandung, ibukota provinsi Jawa Barat ini punya arti spesial bagi Bonek. Di kota inilah, saudara mereka, bobotoh, sebutan suporter Persib, berada. Persahabatan mereka terjalin sejak lama. Meski saat era Perserikatan, Persib adalah musuh bebuyutan Persebaya, mereka tetap saling dukung.

Persahabatan kedua kelompok suporter ini semakin terjalin erat ketika PSSI menunjuk Bandung sebagai tempat pelaksanaan kongres tahunan. Sebelum kongres digelar 8 Januari nanti, Bonek sudah mengunjungi Bandung untuk melakukan koordinasi dengan elemen-elemen bobotoh, di antaranya Viking Persib Club (VPC).

Jubir AB1927, Andie Peci dan Dadang Kosasih, telah menemui para pengurus VPC, Rabu (4/1). Mereka bahkan diantar ke Polrestabes Bandung untuk membicarakan kedatangan Bonek sebelum kongres berlangsung. Semua pihak yang ada di Bandung mau berkomitmen untuk membantu Bonek demi kelancaran aksi.

“Saya mendukung perjuangan Bonek mengembalikan eksistensi Persebaya. Saya mengerti perasaan mereka, seperti halnya Persib bagi saya bukan sekedar klub sepakbola. Persebaya bagi mereka adalah sebuah emosi, jiwa dan kebanggaan,” ujar Ketua VPC Herru Joko dikutip dari Nu Aing.

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil pun tidak tinggal diam. H-1 keberangkatan rombongan besar Bonek menuju Bandung, pria yang akrab dipanggil Kang Emil ini sudah menyiapkan dua tempat untuk menampung Bonek, yakni di GOR Pajajaran dan GOR Sepak Takraw Lodaya. Semua disediakan gratis untuk ribuan Bonek yang datang.

Tak hanya tempat menginap, Ridwan juga menyediakan konsumsi bagi Bonek. Tak tanggung-tanggung, 5000 nasi bungkus disiapkan Pemkot Bandung agar Bonek tidak kelaparan saat tiba nanti.

“Jangan khawatir, Pak Wali Kota (Ridwan Kamil) akan menyediakan lima ribu nasi bungkus,” ujar Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Hendro Pandowo, seperti dikutip dari Metronews, Jumat (6/1) pagi.

BACA:  Risma Akan Ganti Kerugian Pedagang di GOR Pajajaran

Tak salah jika Bandung disebut sebagai kota yang ramah buat Bonek. Dukungan semua pihak, mulai bobotoh, Pemkot Bandung, Polrestabes Bandung wajib dibalas Bonek dengan menjaga keamanan dan ketertiban selama di Bandung. Sebagai tamu, Bonek harus menghormati tuan rumah apapun hasil yang diputuskan dalam kongres soal Persebaya.

Bonek pasti berharap yang terbaik buat Persebaya. Dengan semangat bondo nekat Bonek dipadu dengan gelora lautan api Bandung, semoga Persebaya bisa mendapatkan hasil terbaik.

Bandung akan dikenang sebagai kota yang ramah bagi Bonek. Hatur nuhun. (iwe)