Jadwal Liga 2 Tak Kunjung Jelas, Persebaya Jadi Tim Paling Siap

Skuad Persebaya vs PSIS. (Foto: Joko Kristiono/EJ)

EJ – Jadwal Liga 2 2017 yang tak kunjung jelas memicu keresahan di kalangan klub, termasuk Persebaya Surabaya. Persebaya yang kini tengah serius membangun kekuatan harus kembali berhadapan dengan masalah jadwal liga yang berpengaruh pada persiapan tim.

Belum jelasnya jadwal Liga 2 memang berpengaruh kepada semua aspek, baik teknis maupun non teknis. Untuk aspek teknis, tidak  jelasnya kapan liga akan dimulai tentu berpengaruh kepada keputusan pelatih dalam rekrutmen pemain. Sedangkan untuk masalah non teknis akibat jadwal liga yang tak kunjung jelas, maka pemain-pemain akan dihadapkan kepada kebosanan jika masa jeda sebelum liga hanya diisi dengan pertandingan-pertandingan uji coba saja.

Selain masalah jadwal, problematika lain yang juga tak kunjung ada kejelasan adalah format Liga 2 2017 yang hingga kini belum jua menemui titik terang.

Sempat tersiar kabar bahwa Liga 2 2017 nanti akan dibagi menjadi 6 grup dengan masing-masing grup diisi oleh sekitar 8-10 tim. Hal ini untuk mengakomodasi banyaknya tim yang akan mengikuti Liga 2, yaitu 60 tim.

Menanggapi semrawutnya persiapan menuju Liga 2, Direktur Tim Persebaya, Candra Wahyudi, menyatakan bahwa saat ini yang paling penting adalah format liga, regulasi, dan jadwal yang harus segera difinalisasikan.

“Asumsi awal kami memang delapan grup sesuai dengan ISC B (tahun lalu). Tapi, kalaupun enam grup, tidak masalah,” ujar Candra, seperti dikutip dari laman JawaPos.com.

Lebih lanjut Candra menyatakan bahwa dengan Liga 2 yang pesertanya hampir tiga kali lipat dari Liga 1, seharusnya PSSI memprioritaskan finalisasi format, regulasi, dan jadwal Liga 2. Sebab dengan peserta yang lebih banyak, maka potensi masalah yang akan timbul saat liga dimulai juga akan lebih besar.

BACA:  Seleksi, Persebaya Prioritaskan Pemain di Bawah 25 Tahun

Candra juga menambahkan bahwa Persebaya tidak mempermasalahkan apakah Liga 2 akan dibagi dalam enam grup atau delapan grup. Bagi Persebaya, yang terpenting adalah semua aturan untuk Liga 2 segera diselesaikan.

Persebaya sendiri kini bisa dibilang menjadi salah satu klub dari Liga 2 yang paling siap untuk menghadapi kompetisi. Sudah sejak lebih dari dua bulan lalu Persebaya mempersiapkan tim dan melakukan rekrutmen pemain. Latihan rutin dan agenda uji coba pun juga sudah dilakukan, bahkan sebelum jadwal resmi Liga 2 dikeluarkan. (rvn)

Facebook Comments