Hal-hal yang Wajib Bonek Ketahui Bila Ingin Awaydays ke Martapura

Stadion Demang Lehman, kandang Martapura FC. (Foto: Paronamio.com)

EJ – Martapura FC menjadi salah satu calon lawan Persebaya di babak penyisihan Grup 5 Liga 2 musim 2017. Dari delapan tim yang berada di Grup 5, hanya Martapura FC saja yang homebase-nya berada di luar Pulau Jawa.

Persebaya sendiri dijadwalkan akan melakukan laga tandang ke Martapura pada tanggal 30 April 2017 mendatang. Sebagai tuan rumah, Martapura FC menurut rencana akan menjamu Green Force di Stadion Demang Lehman. Stadion kandang dari Martapura FC itu berlokasi di Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Secara geografis, letak Stadion Demang Lehman memang cukup jauh dari ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan, Banjarmasin. Oleh karena itu, bagi Persebaya, pertandingan away ke Martapura akan menjadi sebuah laga yang tricky. Bertandang ke kandang lawan dengan jarak tempuh sangat jauh, tentunya kesiapan fisik harus dipersiapkan sebaik mungkin.

Meski laga away ke Martapura harus menempuh jarak yang sangat jauh, namun Persebaya pastinya tidak akan berjalan sendirian karena Bonek akan selalu setia menemani kemanapun tim kebanggaannya berlaga. Nah, bagi Bonek yang punya rencana melakukan awaydays ke Martapura, berikut ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

  1. Siapkan Tiket Pesawat PP Surabaya-Banjarmasin

Perjalanan ke Martapura dari Surabaya bisa ditempuh menggunakan moda transportasi udara dan laut. Namun disarankan agar menggunakan transportasi udara alias pesawat saja. Hal ini karena bila menggunakan kapal laut maka waktu tempuh akan semakin lama. Selain itu, perjalanan kapal laut juga masih tergantung pada jadwal penyebarangan karena akhir-akhir ini kondisi cuaca tidak menentu. So, pilihan terbaik jatuh pada transportasi udara, meski harus merogoh kocek lebih dalam.

Dari data yang dihimpun dari Traveloka, harga tiket termurah penerbangan dari Bandara Juanda (Sidoarjo) ke Bandara Syamsudin Noor (Banjarmasin) adalah Rp. 505.300 untuk penerbangan langsung, dan termahal adalah Rp. 1.275.200 untuk penerbangan via transit.

Bila melihat harga tiket dan mempertimbangkan waktu tempuh, EJ menyarankan agar teman-teman bonek yang ingin away ke Martapura memilih penerbangan langsung saja. Selain harga tiket yang lebih murah, waktu tempuh penerbangan langsung juga lebih singkat, yakni sekitar 1jam-an. Dan yang perlu diingat, kebutuhan tiket pesawat adalah pulang-pergi alias PP. Jadi harus mempersiapkan dua tiket untuk terbang ke Banjarmasin, dan kembali ke Surabaya.

  1. Dari Airport Samsudin Noor, Perjalanan Berlanjut ke Stadion

Sesampainya di Bandara Samsudin Noor, perjalanan mbonek pun masih harus dilanjutkan ke Stadion Demang Lehman, kandang Martapura FC. Jarak antara Stadion Demang Lehman dari airport memang cukup jauh, sekitar 18 km.

BACA:  Rame-Rame Mbonek ke Martapura Naik Kapal

Perjalanan dari airport menuju stadion bisa ditempuh menggunakan kendaraan umum atau taksi. Waktu tempuh menuju stadion adalah sekitar 30-45 menit-an.

Jika ingin menggunakan angkutan umum, maka harus berjalan keluar dari bandara area bandara dahulu. Teman-teman Bonek bisa mencari angkutan umum atau angkot dengan tujuan Martapura. Namun yang perlu diketahui, angkutan umum di Banjarmasin jarang ada yang bertuliskan trayek. Jadi, harus menanyakan tujuan kepada sopir atau kenek terlebih dahulu sebelum naik angkot agar tidak salah jurusan.

Selain menggunakan angkutan umum, pilihan moda transportasi lain menuju adalah taksi. Namun ongkos menggunakan taksi tentunya lebih mahal. Dari informasi yang dihimpun dari laman banjartaxi.com, ongkos taksi dari bandara Samsudin Noor ke Martapura adalah Rp. 110.000, tapi masih tergantung lokasi tujuannya. Jadi jika memilih menggunakan taksi, ada baiknya menyiapkan uang lebih untuk jaga-jaga.

  1. Siapkan Fisik dan Uang Saku yang Memadai

Hal lain yang tidak boleh dilupakan jika ingin awaydays ke Martapura adalah kesiapan fisik dan tentunya biaya hidup selama memberikan dukungan pada Persebaya. Karena perjalanan ke Martapura sangatlah jauh dan membutuhkan waktu lama, persiapkanlah fisik sebaik mungkin. Apalagi, awaydays ke Martapura harus ditempuh dengan menggunakan dua moda transportasi berbeda, yakni udara dan darat. Bawa juga obat-obatan dan P3K sebagai langkah antisipasi.

Selain kesiapan fisik, persiapan materi tentunya juga harus diperhatikan. Pastikan membawa uang saku lebih untuk mengantisipasi kejadian-kejadian yang tak terduga selama mendukung Persebaya di Martapura.

  1. Jalin Komunikasi dengan Bonek “Tuan Rumah” dan Suporter Lokal

Hal sederhana namun sangat penting ketika awaydays ke Martapura adalah komunikasi dengan bonek “tuan rumah” dan suporter lokal. Sejauh ini, akun Twitter @RepublikBOBAN (Bonek Banjarmasin) cukup aktif dalam memberikan informasi terkait laga away ke Martapura. Namun yang perlu diingat, jangan sampai membebani atau merepotkan saudara-saudara Bonek yang berbasis di Banjarmasin, Martapura dan sekitarnya.

Selain menjalin komunikasi dan sharing informasi dengan teman-teman Bonek di Banjarmasin, komunikasi juga bisa dijalin dengan suporter setempat. Bagaimanapun juga, nanti supoter Martapura adalah tuan rumah yang sebenarnya. Jika kita kulonuwun ke mereka secara sopan, tentunya mereka juga akan welcome kepada kita sebagai tamu.

Nah, itulah tadi beberapa hal penting terkait awaydays ke Martapura. Satu hal lagi yang perlu diperhatikan jika ingin mendukung Persebaya ke Martapura adalah jangan memaksa untuk tetap awaydays apabila memang kondisi tidak memungkinkan. Dan jangan sungkan untuk sharing info kepada teman-teman Bonek yang lain bila memiliki informasi penting terkait awaydays ke Martapura. (rvn)

Facebook Comments