Fanatisme Sepak Bola: Gengsi yang Dibawa Sampai Mati

tribun-bonek
Foto: suryaonline.co

Sepak bola adalah olahraga yang banyak digemari masyarakat luas. Olahraga ini tidak hanya membahas tentang pertandingan kedua tim yang bertanding. Ada sisi lain dari sepak bola seperti bisnis hingga tentang supporter.

Banyak hal menarik dalam soal pendukung tim tersebut. Mulai dari bersaing saling kreatif ketika mendukung tim idola, mengadakan nonton bareng, hingga sampai hal-hal kerusuhan yang melibatkan suporter sepak bola

BACA:  Bentrok di Sragen Bukan Ulah Bonek

Suporter tidak bisa dipisahkan dari sepak bola. Sampai ada anggapan mereka adalah pemain ke-12 dalam suatu tim. Totalitas dan loyalitas ketika mendukung tim idola sangat militan sekali. Ada yang rela menempuh perjalanan jauh dan mengoleksi pernak-pernik tim idola. Yang paling dahsyat, ada yang membahayakan nyawanya ketika mendukung tim idola.

Membahayakan nyawa itu bisa seperti naik motor tanpa helm, numpak truk ramai-ramai sampai tidak jarang ada yang bentrok antar supporter. Dan semua itu demi menunjukan siapa yang paling hebat, siapa yang paling militan, dan demi sebuah kata loyalitas kepada tim idola.

Halaman 1 2 3

Komentar Artikel