Lolos Semifinal, Satu Kaki Persebaya di Liga 1

Rishadi Fauzi menjadi pahlawan kemenangan Persebaya atas PSPS Riau. Foto: Candra Sapoetra for EJ
Iklan

EJ – Persebaya memastikan satu tiket ke babak semifinal Liga 2 usai menaklukkan PSPS Riau dalam sebuah laga yang berlangsung ketat di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu (18/11) sore. Gol tunggal Rishadi Fauzi empat menit sebelum laga usai mengantarkan Bajol Ijo melangkah ke babak semifinal.

Menghadapi lawan berat PSPS Riau, Persebaya mengawali laga dengan tempo yang cenderung lamban. Tidak adanya Muhammad Hidayat yang harus absen akibat akumulasi kartu kuning membuat lini tengah Green Force sedikit keteteran. Tiga gelandang yang diturunkan Alfredo Vera, yakni Abu Rizal Maulana, Kurniawan Karman dan Sidikk Saimima kesulitan untuk melepaskan diri dari pressing tinggi pemain-pemain PSPS.

Sejak peluit tanda kick off babak pertama dibuntyikan oleh wasit Sopian Hadi, trio lini depan PSPS Riau yang dihuni Herman Dzumafo, Wazir Kahfi dan Ichsan Pratama langsung melancarkan tekanan ke pertahanan Persebaya. Pressing tinggi anak-anak Asykar Bertuah ini membuat Bajol Ijo kesulitan mengembangkan permainan.

Persebaya membuka peluang pada menit ke-16. Melalui sebuah skema tendangan bebas, Kurniawan Karman mengirimkan umpan matang ke kotak penalti lawan. Sundulan Rishadi Fauzi sukses menembus gawang PSPS yang dikawal Gianluca Pandeynuwu. Namun sayang, wasit tidak mengesahkan gol tersebut.

Iklan
BACA:  Aktivitas Para Punggawa Persebaya Saat Liburan

Bajol Ijo kembali mendapat peluang di menit 31. Sepakan bebas Irfan Jaya di pojok kanan area penalti PSPS tepat mengarah ke gawang. Namun tendangan keras Irfan masih bisa diamankan Gianluca.

Sementara itu, PSPS lebih banyak mengandalkan Herman Dzumafo untuk membongkar pertahanan Persebaya. Pada babak pertama, Dzumafo memperoleh satu peluang matang melalui sundulan kepala, tapi masih bisa diamankan oleh Miswar Saputra. Hingga babak pertama usai, tak ada gol yang tercipta.

Memasuki babak kedua, Angel Alfredo Vera melakukan beberapa perubahan. Berturut-turut, Alfredo memasukkan Adam Maulana dan Oktavianus Fernando untuk meningkatkan intensitas serangan Persebaya. Rendi Irwan pun juga dimasukkan guna menambah daya sengat Green Force. Masuknya tiga pemain dengan karakter menyerang ini membuat Persebaya bisa lebih dominan atas PSPS.

BACA:  Panduan Rute Menuju Stadion Patriot Bekasi

Menit 77, flying header Rishadi Fauzi masih melambung di atas gawang PSPS Riau. Satu menit kemudian, Fauzi menyia-nyiakan peluang emas ketika tendangan cungkilnya justru melambung jauh di atas gawang Gianluca Pandeynuwu. Padahal saat itu Fauzi sudah dalam situasi one on one dengan kiper.

Kebuntuan akhirnya pecah pada menit ke-86. Rishadi Fauzi berhasil membayar lunas kesalahannya. Menerima uman lambung Oktavianus Fernando yang melakukan penetrasi di rusuk kanan pertahanan PSPS, tandukan akurat Fauzi sukses menjebol gawang PSPS. Gol ke gawang PSPS sekaligus menambah catatan gol Fauzi musim ini menjadi lima gol.

Di sisa laga, PSPS mencoba mengejar defisit gol dengan melancarkan serangan sporadis ke arah pertahanan Persebaya. Terus diserang di penghujung laga, Persebaya mampu mempertahankan keunggulan hingga peluit panjang berbunyi. Kemenangan atas PSPS Riau pun mengantarkan Persebaya melenggang ke babak semifinal, sekaligus menapakkan satu kaki menuju Liga 1. (rvn)

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display