Transfer Pemain Pinjaman Belum Menemui Titik Terang

109
Persebaya berlatih di Lapangan Karanggayam, Minggu (7/1). Foto: Joko Kristiono/EJ
666Shares

EJ – Jelang bergulirnya Liga 1, Persebaya tak hanya disibukkan dengan perburuan pemain incaran. Pada bursa transfer kali ini, manajemen Green Force juga sibuk dengan tawaran-tawaran yang masuk untuk pemain-pemain Persebaya.

Selain terus berburu pemain guna memperkuat tim, manajemen Persebaya memang berencana melepas beberapa pemain. Selain melepas dengan opsi kepemilikan penuh ke klub lain, opsi yang ditempuh Persebaya adalah peminjaman.

Dalam dua pekan terakhir, sudah ada sejumlah pemain Persebaya yang merapat ke klub lain. Thaufan Hidayat dan Rangga Muslim menuju PSS Sleman. Keduanya bahkan sudah melakukan tes medis dan dijadwalkan mengikuti pemusatan latihan PSS pekan ini. Selain Thaufan dan Rangga, pemain lain yang meninggalkan Persebaya adalah Mei Handoko Prasetio. Gelandang muda itu akan menimba pengalaman di klub Madura FC.

Sebelumnya, kiper ketiga Persebaya musim lalu, Samuel Reimas dan gelandang tengah Nerius Alom sudah dipastikan akan merapat ke Perseru Serui.

Namun ada juga beberapa pemain yang belum jelas akan berlabuh kemana. Yogi Novrian misalnya. Pemain yang mencetak tiga gol bagi Persebaya musim lalu itu dikabarkan sedang diincar oleh Persiba Balikpapan. Namun hingga kini perihal transfer Yogi belum menemui titik terang.

Hal yang sama juga dialami oleh Kurniawan Karman, Abdul Azis dan Rachmat Juliandri. Ketiganya belum mencapai kata sepakat dengan klub yang mengincarnya, yaitu Semeru FC.

Menanggapi hal ini, Chairul Basalamah selaku manajer tim Persebaya menyatakan bahwa klub memberikan kebebasan kepada semua pemain. Tetapi juga mengingatkan untuk tidak terburu-buru menentukan masa depan mereka. Karena beberapa pemain masih ada yang terikat kontrak hingga Februari dan Maret.

“Saya meminta hati-hati saja. Karena sebenarnya kami juga cukup ketat untuk klub-klub yang ingin meminjam. Keseriusan klub juga benar-benar kita uji terkait masalah asuransi kesehatan dan peluang pemain,” ujar Chairul saat ditemui EJ di sela-sela latihan Persebaya di lapangan Karanggayam, Minggu (7/1).

BACA:  Persebaya Terus Buru Rangga Muslim

Seperti diketahui, manajemen Persebaya menetapkan beberapa aturan yang harus disetujui oleh klub yang akan meminjam pemainnya. Masalah kesehatan dan cedera pemain harus dibiayai klub peminjamnya. Selain itu, pemain juga harus tampil minimal 30% dari semua pertandingan.

Sementara itu, terkait pemain magang, Chairul memberikan tanggapan bahwa masih terbuka bagi pemain-pemain internal kompetisi Persebaya. Rencananya, pemain magang akan dibuat sparing dan turnamen-turnamen pramusim. Jadi, meski belum bisa untuk bermain di kompetisi resmi seperti Liga 1 2018, tapi mereka bisa diikutsertakan di Persebaya U-17 dan U-19.

“Untuk uji coba pemain magang kita tunggu penilaian lebih lanjut coach Alfredo Vera beserta staff pelatih,” tutur Chairul. (rd)

Facebook Comments