Persebaya vs PS TNI: Menguji Level Permainan

Alfredo Vera memberi pengarahan kepada para pemainnya di GBT. Foto: Joko Kristiono/EJ
Iklan

EJ – Persebaya akan mengawali gelaran Piala Presiden dengan menghadapi PS TNI, Kamis (18/1) sore ini di Gelora Bung Tomo, Surabaya. Tergabung bersama dua tim lain, yaitu Madura United dan Perseru, duel Persebaya kontra PS TNI akan menjadi laga pembuka Grup C.

Meladeni PS TNI di laga pembuka babak penyisihan grup, Persebaya berkesempatan menguji level permainan dengan menghadapi lawan yang lebih kompetitif. Laga ini sekaligus bisa digunakan untuk melihat sejauh mana adaptasi pemain-pemain baru Persebaya yang didatangkan awal musim ini. Seperti kita tahu, Persebaya telah resmi mendatangkan lima pemain baru, yaitu Otavio Dutra, Ruben Sanadi, Nelson Alom, Ferinando Pahabol serta Osvaldo Haay.

Sebelumnya, Alfredo Vera selaku pelatih kepala Persebaya menyatakan bahwa pemain-pemain baru bisa beradaptasi secara cepat.

“Semua pemain cukup bagus, karena sebenarnya semua sudah tahu gaya permainan saya dan tim, semua juga pernah berlatih sama saya. Adaptasi pemain baru juga sangat cepat,” ujar pelatih asal Argentina tersebut.

Iklan

Pada pertandingan ini, Dutra dan Ruben Sanadi berpeluang untuk bermain sejak menit pertama, mengisi pos lini belakang bersama dua nama lain yang menjadi andalan Persebaya musim lalu, Abu Rizal Maulana dan Fandry Imbiri. Sementara di sektor tengah, Persebaya kemungkinan besar belum bisa memainkan playmaker Misbakhus Solikin. Seperti diketahui, Misba mengalami cedera di akhir musim kemarin. Meski sudah mengikuti latihan pramusim, namun Misba diistirahtakan karena masih dala masa recovery. Sebagai pengganti Misba, Alfredo masih memiliki gelandang muda Adam Maulana yang tampil mengejutkan musim lalu. Adam akan ditemani oleh muka baru Nelson Alom karena Muhammad Hidayat mengalami cedera.

BACA:  Players to Watch: Misbakus Solikin dan Yohanis Nabar

Di sektor depan, absennya Irfan Jaya dan Osvaldo Haay karena mengikuti pemusatan latihan timnas U23 bisa digantikan oleh Ferinando Pahabol. Pahabol yang juga fasih bermain sebagai winger akan mengisi lini depan bersama Oktafianus Fernando dan Rishadi Fauzi.

Dari kubu lawan, PS TNI juga menjadikan laga ini sebagai ajang pemanasan menuju kompetisi Liga 1. Tim yang musim lalu bertengger di peringkat 12 klasemen akhir Liga 1 itu berangkat ke Surabaya dengan kekuatan 28 pemain, termasuk dua pemain asing Elio Martins dan Redouane Zerzouri.

Pelatih PS TNI, Rudy Eka Priyambada menyatakan bahwa timnya sudah fokus untuk menghadapi laga pembuka Grup C kontra Persebaya.

“Persiapan kami saat ini sudah memasuki pada tahapan fokus untuk persiapan melawan Persebaya di pertandingan pertama. Semua pemain yang kami bawa sudah siap baik itu mental dan juga fisik,” ujar Rudy, seperti  dilansir laman resmi Liga Indonesia.

Selain legiun asing Elio Martins dan Zerzouri, tim berjuluk The Army itu juga turut membawa pemain-pemain terbaiknya, seperti Manahati Lestusen, Abduh Lestaluhu, Ahmad Nufiandani serta pemain yang pernah menghadapi Persebaya di laga final Liga 2 musim lalu, Dimas Drajad.

Walaupun kesulitan menembus papan atas Liga 1 musim lalu, PS TNI tetap tak bisa dipandang remeh. Secara tim, PS TNI bisa dibilang sudah matang. Apalagi dengan keberadaan sosok Rudy Eka Priyambada yang dikenal sebagai pelatih muda yang piawai meracik strategi.

BACA:  Alfredo Tunggu Robertino Pugliara dan Striker Asal Argentina

Di atas kertas, Persebaya dan PS TNI memiliki kualitas materi pemain yang seimbang. Permainan ball possession Persebaya di tangan Alfredo Vera akan berhadapan dengan pemain-pemain PS TNI yang dikenal memiliki daya juang tinggi. Musim lalu, PS TNI berpengalaman mengalahkan tim yang lebih dominan dalam hal penguasaan bola.

Manajemen Persebaya memang tak mematok target tinggi pada turnamen Piala Presiden kali ini. Namun meski begitu, PS TNI yang akan dihadapi Persebaya di pertandingan pembuka Grup C merupakan ujian yang bagus untuk mengukur kekuatan Green Force. Bermain di kandang sendiri, Persebaya tentunya punya motivasi lebih untuk menang. Tetapi PS TNI tetap berpotensi menyulitkan tuan rumah. Kecepatan Ahmad Nufiandani dan Wawan Febrianto di sektor sayap, serta ketajaman Elio Martins bisa memberi kejutan pada lini belakang Bajul Ijo. Inilah yang harus diwaspadai Persebaya. (rvn)

Prakiraan susunan pemain Persebaya vs PS TNI

Persebaya (4-3-3): Miswar Saputra (PG); Abu Rizal Maulana, Fandry Imbiri, Otavio Dutra, Ruben Sanadi (B); Nelson Alom, Rendi Irwan (C), Adam Maulana (T); Feri Pahabol, Rishadi Fauzi, Oktafianus Fernando (D)
Pelatih: Alfredo Vera

PS TNI (4-2-3-1): Teguh Amirudin (PG); Ganjar Mukti, Andy Setyo, Mahdi Fahri, Abduh Lestaluhu (B); Manahati Lestusen (C), Yus Arfandi (T); Ahmad Nufiandani, Redouane Zerzouri, Wawan Febrianto (T); Elio Martins (D)
Pelatih: Rudy Eka Priyambada

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display