Berhasil Come Back, Persebaya Gagal Adu Penalti

Foto: Evan Tria/EJ
Iklan

EJ – Langkah Persebaya di Piala Presiden 2018 harus terhenti di tangan PSMS Medan. Sempat menyamakan kedudukan setelah tertinggal 1-3, Bajol Ijo harus mengakui keunggulan setelah kalah di babak adu penalti.

Persebaya menguasai jalannya pertandingan melawan PSMS Medan di babak pertama. Namun keunggulan penguasaan bola ternyata tidak mampu membuat Persebaya unggul. Tim Bajol ijo malah tertinggal satu gol.

Persebaya dikejutkan lewat gol Nguessan Kissito di menit ke-5. Serangan dibangun melalui sektor kanan lewat serangan balik. Umpan Antoni Putra ditanduk Kissito masuk ke gawang Miswar Saputra. Gol ini dibalas lewat gol penalti Irfan Jaya menit ke 32 setelah Ricky Kayame dilanggar kipper PSMS, Abdul Rohim.

Setelah imbang Persebaya tetap menguasai jalannya permainan. Kesalahan bek Fandry Imbiri yang tak mampu meng-cover Sadney Khoetage membuat striker PSMS itu berhasil lepas dan langsung berhadapan dengan Miswar. Bola tendangan Khoetage tak bisa ditangkap Miswar. Gol itu mengubah kedudukan menjadi 2-1 untuk PSMS Medan.

Iklan
BACA:  GBT Akan Jadi Tuan Rumah Piala Presiden 2018

Di babak kedua, PSMS langsung unggul lewat gol Frets Butuan. Menerima umpan dari lini tengah, Frets menerima bola di depan Abu Rizal. Sekali tekukan, Frets langsung menendang bola kea rah gawang Miswar. Bola mengenai mistar terlebih dahulu sebelum masuk dan jadi gol. 3-1 PSMS unggul.

Tertingga dua gol, Persebaya terus menggempur pertahanan PSMS. Kiper PSMS Abdul Rokim menjadi pahlawan PSMS setelah berhasil menggagalkan peluang-peluang emas Persebaya.

Alfredo mengganti Rendi Irwan dan Riky Kayame di pertengahan babak kedua. Misbakus Solikin dan Osvaldo Haay diturunkan Alfredo untuk meningkatkan daya gedor Bajol Ijo. Pergantian itu berbuah positif dengan dua gol dalam empat menit yakni gol dari Feri Pahabol dan Nelson Alom masing-masing menit 66 dan 70.

BACA:  Alfredo Tiba, Persebaya Perbaiki Teknik Permainan

Hasil itu bertahan hingga babak kedua berakhir. Pertandingan langsung dilanjutkan lewat adu penalti.

Di babak ini, Persebaya harus mengakui keunggulan PSMS setelah empat algojonya gagal menceploskan bola. Sementara PSMS hanya tiga yang gagal. Skor akhir penalti adalah 4-3 untuk kemenangan PSMS.

Hasil ini membuat PSMS menjadi tim pertama yang lolos ke semifinal. Tim Ayam Kinantan akan berhadapan dengan pemenang antara Mitra Kukar vs Persija yang akan digelar Minggu (4/2) besok. (iwe)

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display