Bonek Bukan Obyek Dagangan Politik

Tanggapan untuk Tulisan Rafsanjani dan Yosia Reborn

Foto: Joko Kristiono/EJ

Tulisan ini merupakan sebuah pelengkap, dari tulisan yang sudah disampaikan oleh Rafsanjani, Bonek dan Politik dan Yosia Reborn Suporter, Jauhkan Sepak Bola dari Politik. Semoga bisa mencerahkan bagi kita semua.

Istilah politik berasal dari kata Yunani, Politika, yang berarti urusan warga kota. Ini ada kaitannya dengan organisasi politik tertua di dunia, yaitu polis (pólis) atau negara kota, yang muncul di Yunani pada abad ke-8 SM. Dalam polis Yunani, sudah dikenal pembagian antara urusan bersama/umum (polis/publicus) dan urusan rumah tangga (oikos/privatus). Pengorganisasian kepentingan bersama itulah yang melahirkan istilah politik.

BACA:  Organisasi Itoe Koentji, Refleksi ba91 Kita

Aristoteles, filsuf penemu istilah itu, menyebut politik sebagai pengorganisasian warga untuk mewujudkan kebaikan bersama. Sedangkan gurunya, Plato, menyebut politik sebagai cara hidup bermasyarakat untuk mewujudkan kebajikan (virtue). Kalau mau diambil intisarinya, politik ini adalah seni penggunaan kekuasaan untuk kepentingan bersama atau kepentingan umum.

Di sini, kekuasaan tak lebih dari otoritas yang diberikan oleh publik untuk lembaga/manusia politik untuk mengorganisasikan kepentingan bersama. kalau mau diambil intisarinya, politik ini adalah seni penggunaan kekuasaan untuk kepentingan bersama atau kepentingan umum. Di sini, kekuasaan tak lebih dari otoritas yang diberikan oleh publik untuk lembaga/manusia politik untuk mengorganisasikan kepentingan bersama.

Halaman 1 2 3 4 5

Komentar Artikel