Bonek Card, antara Subsidi dengan Program Loyalitas

Bonek mendaftar Bonek Card. Foto: Yosia Reborn for EJ

Masih menarik untuk menelaah sekali lagi perkataan dari pentolan suporter yang masih mengakui kita sebagai tetangganya, bahwa Bonek itu disubsidi oleh Persebaya dalam hal menonton pertandingan.

Arti kata subsidi yang saya kutip dari wikipedia adalah sebagai bentuk bantuan keuangan yang dibayarkan kepada suatu bisnis atau sektor ekonomi. Maka jelas bahwa bila Persebaya mensubsidi Bonek, berarti Persebaya memberikan sejumlah bantuan keuangan terhadap Bonek.

BACA:  On This Day Persebaya dan Secuil Kisah LDR

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Persebaya tidak pernah memberikan bantuan keuangan apapun kepada suporternya, Bonek, baik home ataupun away. Ketika masuk stadion pun mereka membayar memakai uangnya sendiri untuk membeli tiket masuk stadion ataupun untuk transportasi ke tempat away-nya.

Kembali ke Bonek Card…

Bonek Card menurut saya adalah suatu bentuk loyalitas suporter kepada timnya, Persebaya. Terlepas dari banyaknya diskon dan keuntungan yang akan didapatkan bila kita mendaftar Bonek Card, itu bukanlah subsidi yang diberikan oleh persebaya kepada suporternya.

BACA:  Sehat selalu, Kapolres Tuban

Itu adalah sebuah benefit lebih yang diberikan oleh tim kepada suporternya atas kerelaannya membeli tiket di awal musim. Meski kita tidak akan pernah mengetahui halangan apa yang akan terjadi pada saat pertandingan itu digelar.

Halaman 1 2

Komentar Artikel