Kalah Jumlah Pemain, Persebaya Menang Adu Penalti

Foto: Aditya Wahyu for EJ
Iklan

EJ – Persebaya meraih dua poin dalam laga pertama Piala Gubernur Kaltim 2018. Green Force berhasil mengalahkan Madura United dengan skor 5-4 (1-1) melalui adu penalti di Stadion Batakan, Sabtu (24/2).

Mengawali laga sangat baik, Persebaya mendapatkan peluang emas menit ke-4 melalui kaki Rishadi Fauzi yang bisa ditepis penjaga gawang MU, Hery Prasetyo. Misbakus Solikin dan Sidik Saimima sangat solid bermain di lini temgah. Asyik menyerang, Persebaya dikejutkan gol Raphael Maitimo menit 29. Kesalahan umpan Fandry Imbiri dimanfaatkan Maitimo melalui tendangan kaki kiri mendatar. Miswar Saputra tidak bisa menangkap bola. Persebaya tertinggal 0-1.

Tertinggal satu gol, Persebaya tetap bermain tenang. Saimima mendapatkan kartu kuning menit 39 setelah melanggar pemain MU. Satu usaha keras Oktafianus Fernando merebut bola dari kaki Alfath dan Fahrudin membuat pelanggaran di kotak penalti. Wasit menunjuk titik putih menit ke-40. Dengan dingin Solikin menjadi eksekutor. Skor sampai babak pertama 1-1.

BACA:  Ini Harga Tiket PGK 2018 di Stadion Batakan

Babak kedua, permainan semakin memarik dan cepat. Alfredo Vera memasukkan dua pemain sekaligus yakni Fandi Eko dan Pedro Henrique menggantikan Rendi Irwan dan Rishadi Fauzi. Ini debut Pedro sebagai pemain trial. Pada menit ke 64, Saimima mendapatkan kartu kuning keduanya. Wasit mengeluarkan kartu merah untuknya dan Persebaya bermain dengan 10 pemain.

Iklan

Meskipun kalah jumlah pemain, Persebaya tetap menyerang. Alfredo kembali mengganti pemain, kali ini Otavio Dutra dan Riky Kayame masuk menggantikan Feri Pahabol dan Ruben Sanadi. Memainkan tiga bek Persebaya mendapat tekanan berat dari para penyerang MU. Mendekati babak kedua berakhir Abu Rizal digantikan Arthur Irawan. Sampai waktu normal berakhir kedudukan imbang 1-1.

BACA:  Alasan Kekalahan Borneo Menurut Iwan Setiawan

Sesuai regulasi turnamen dilanjutkan dengan adu penalti. Lima penendang Persebaya melakukan tugas dengan sempurna. Solikin, Oktavianus, Arthur, Dutra dan Pedro. Sementara satu penendang gagal MU adalah Fabiano Beltrame. Penendang kelima ini terpeleset dan bola melambung gawang Miswar. Persebaya menang 5-4.

Dengan poin 2, Persebaya berada di tempat kedua grup B di bawah Sriwijaya FC yang sebelumnya menang 1- 0 atas Persiba Balikpapan. (bim)

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display